Waspadai Karet Tutup Minyak Rem Kendor, Dampaknya Bisa Meresahkan

Uje,Didit Abdillah - Selasa, 1 November 2022 | 15:56 WIB
Dok GridOto
Karet tutup minyak rem rusak bikin minyak rem rembes

Motor PLUS-Online.com - Alat keamanan berkendara seperti rem harus diperhatikan baik-baik, bukan hanya sekadar kampas rem, tetapi minyak rem juga harus diperhatikan. 

Khususnya tabung minyak rem yang juga perlu perhatian kondisinya apakah ada kebocoran atau tidak, karena bisa saja menimbulkan efek jangka panjang. 

Apalagi jika usia motor sudah terbilang cukup lama, bisa jadi karet tabung minyak rem sudah mulai getas dan rentan ada kebocoran. 

Karena tidak jarang terjadi kerusakan pada karet tutup tabung minyak rem rusak membuat tutup tabung minyak rem jadi tidak bisa terpasang rapat.

Ada beberapa efek negatif jika tutup tabung minyak rem tidak rapat karena kerusakan karet tutup tabung minyak rem ini.

"Pertama jelas minyak rem bisa rembes keluar. Kalau kena bodi bisa bikin cat rusak," buka Arif Nurahman owner bengkel Satria Motor dilansir dari GridOto.

"Yang kedua di musim hujan seperti ini juga bahaya, bisa bikin air rembes masuk dan bercampur ke dalam minyak rem," tambah Arif yang bengkelnya di Jl. Kangkungan, Sunter, Jakarta Utara.

Jika air dan minyak rem bercampur, efeknya minyak rem bisa terlalu cepat mendidih.

"Sehingga lama kelamaan memicu munculnya angin palsu di sistem rem," tegasnya.

Baca Juga: Rayakan Anniversary ke-9, Xriders Yamaha Indonesia Gelar Musyawarah Nasional

Source : GridOto Tips
Penulis : Uje
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.