Jual Shell Super Lebih Murah Dari Pertamax, Apakah Shell Akan Ditegur Seperti Vivo?

Indra Fikri - Rabu, 2 November 2022 | 11:40 WIB
Shell Indonesia
Ilustrasi SPBU Shell. Jual Shell Super lebih murah dari Pertamax, Shell bakal ditegur seperti Vivo?

MOTOR Plus-online.com - Jual BBM jenis RON 92 Shell Super lebih murah dari Pertamax, apa Shell akan ditegur seperti Vivo?

Seperti yang kita ketahui, Shell telah melakukan penyesuaian harga untuk BBM yang dijual mulai 1 November 2022 kemarin.

Produknya di kelas RON 92 yakni Shell Super yang setara dengan Pertamax 92 milik Pertamina, kini lebih murah menjadi Rp 13.550 dari sebelumnya Rp 14.150 per liter.

Sementara itu, Pertamax 92 dibanderol senilai Rp 13.900 per liter atau selisih Rp 350 lebih mahal dari harga Shell Super.

Dengan menjual BBM lebih murah dari Pertamina yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), akankah pihak Shell akan mendapat teguran dari Pemerintah khususnya Kementerian ESDM seperti layaknya Vivo beberapa waktu lalu?

Diketahui, saat Vivo menjual produknya yakni jenis Revvo 89 seharga Rp 8.900 mendapat teguran karena lebih murah dari Pertalite RON 90 milik Pertamina yang baru saja dinaikkan pemerintah menjadi Rp 10.000 per liter.

Pihak Kementerian ESDM saat itu meminta manajemen Vivo untuk melakukan penyesuaian harga, dan hasilnya harga Revvo 89 mengalami kenaikan menjadi Rp 10.900 per liter.

Dikutip dari laman shell.co.id, harga BBM lainnya seperti Shell V-Power dijual dengan harga Rp 14.210 dari harga sebelumnya Rp 14.150.

Baca Juga: Lebih Mahal Daripada Shell Super, Ternyata Ini Alasan Harga Pertamax Tidak Turun

Harga BBM Shell V-power Nitro+ juga turun, dari sebelumnya Rp 15.230 menjadi Rp 14.560.

Sedangkan harga Shell V-Power Diesel naik menjadi Rp 18.840 per liter, di mana sebelumnya produk BBM di kelas cetane (CN) 51 tersebut seharga Rp 18.450 per liter.

Begitu pula dengan produk Shell Diesel Extra yang harganya naik menjadi Rp 18.380 per liter untuk wilayah Jawa Timur dan Rp 18.780 per liter untuk wilayah Sumatera Utara.

Vice President Corporate Relations Shell Indonesia, Susi Hutapea menjelaskan, Shell melakukan penyesuaian harga dari waktu ke waktu. Pertimbangannya didasari oleh sejumlah hal.

"Shell melakukan penyesuaian harga dari waktu ke waktu sejalan dengan ketentuan dan peraturan pemerintah mengenai harga jual BBM, dan dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti Mean of Platts Singapore (MOPS), kondisi dan volatilitas pasar, nilai tukar mata uang asing, pajak pemerintah dan bea cukai, biaya distribusi dan biaya operasional, kinerja perusahaan serta aktivitas promosi yang sedang berjalan," ujar Susi dikutip dari Kontan, Rabu (2/11/2022).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Shell Jual BBM RON 92 Lebih Murah dari Pertamax Pertamina, Bakal Ditegur Pemerintah Seperti Vivo?

Source : tribunnews.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.