Jangan Coba-coba Pakai Pelat Nomor Palsu Guna Menghindar ETLE Hukumannya Penjara Bukan Tilang

Aong - Senin, 14 November 2022 | 22:45 WIB
Otomania/Setyo Adi

MOTOR Plus-online.com - Untuk menghindari kena tilang elektronik pengendara menggunakan pelat nomor palsu.

Jangan coba-coba pakai pelat nomor palsu guna menghindar ETLE hukumannya penjara bukan tilang karena melanggar lalu lintas. 

Jadi perdebatan menggunakan pelat nomor bukan asli kepolisian apakah masuk tindak pidana pemalsuan atau pelanggaran lalu-lintas.

Diterangkan Budiyanto, Mantan Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya yang kini jadi pemerhati masalah transportasi dan hukum.

Katanya persoalan ini penting sebab bakal berujung pada tuntutan hukum yang berbeda.

"Jadi menurut hemat saya penyebutan pemalsuan bilamana berkaitan dengan surat-surat, misal ada perubahan data STNK atsu STNK dipalsukan tidak sesuai dengan kondisi fisik ranmor yang sebenarnya," kata Budiyanto dalam keterangan resmi, Senin (14/11/2022).

"Namun apabila hanya menggunakan pelat nomor atau TNKB yang bukan ditetapkan oleh kepolisian merupakan bentuk pelanggaran lalu-lintas," kata dia.

Budiyanto mengatakan, pasal dan tuntutan yang dipakai dalam pemalsuan tindak pidana dan pelanggaran lalu-lintas berbeda.

Baca Juga: Tanpa Dosa Pemotor Honda Vario Masuk Jalan Tol Tanpa Pelat Nomor Dan Helm

Baca Juga: Jadi Malu Bestie Motor dan Mobil Kredit Katahuan dari Pelat Nomor Hingga Polisi Buka Suara Menjelaskan

Penulis : Aong
Editor : Aong

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular