Wow, Aspal Baru Sirkuit Mandalika Diklaim Lebih Awet, Mampu Tahan Sampai 5 Tahun

Indra Fikri - Minggu, 20 November 2022 | 13:30 WIB
MOTOR Plus-online.com/Galih
Aspal baru Sirkuit Mandalika diklaim lebih awet, tahan sampai 5 tahun.

MOTOR Plus-online.com - Aspal baru sirkuit Mandalika diklaim lebih awet, bisa tahan sampai lima tahun.

Bahkan, Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Samsul Purba meyakinkan bahwa sirkuit Mandalika tidak akan diaspal ulang lagi usai WSBK Indonesia 2022.

"Dari sisi teknis, paling tidak 5 tahun ke depan tidak ada pengaspalan ulang lagi," ucap Samsul, dikutip dari Tribunlombok.com.

Aspal baru sirkuit Mandalika sudah cukup untuk menyambut WSBK Indoneisa 2023 pada Maret mendatang, ataupun MotoGP Indonesia pada Oktober 2023.

Samsul memastikan, aspal baru dengan agregat dari Lombok Timur dan Lampung yang dinamai "Rinjani" ini bisa bertahan lama.

"Paling kalau ada rusak minor hanya cukup ditambah patch (tambal) saja. Kita buat aspal kita ini lebih awet walaupun tidak sesempurna sebelumnya," sambungnya.

Samsul menambahkan, kualitas aspal baru Sirkuit Mandalika ini, di atas standar Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) ataupun Dorna Sports.

Sebelumnya, aspal sirkuit Mandalika menggunakan teknologi Stone Mastic Asphalt (SMA).

Baca Juga: Ketahuan di WSBK Mandalika 2022, Harga Motor Toprak Razgatlioglu Setara 6 Kijang Innova Hybrid

Namun nyatanya aspal SMA yang kerap dipakai di Eropa ini tidak beradaptasi maksimal dengan iklim tropis Mandalika.

"Kita di sini di pinggir laut, curah hujan tinggi, kadar garam juga tinggi. Maka dengan terlalu terbukanya aspal itu jadi tidak baik bagi aspal kita," ungkap Samsul.

Source : TribunLombok.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.