Warga Asing Yang Kena Tilang Polisi Bakal Dilarang Keluar dari Indonesia

Indra Fikri - Kamis, 1 Desember 2022 | 15:45 WIB
Kompas.com
Ilustrasi foto. Warga asing yang kena tilang Polisi dilarang keluar dari Indonesia

MOTOR Plus-online.com - Warga Negara Asing (WNA) yang melanggar lalu lintas alias kena tilang Polisi akan dilarang keluar dari Indonesia.

Saat ini, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam bersama Polda Kepulauan Riau telah melakukan integrasi data e-Tilang dengan Sistem Manajemen Informasi Keimigrasian (SIMKIM).

Hal ini untuk mencegah WNA yang kena tilang mangkir dari kewajiban membayar biaya beban.

Melalui integrasi data tersebut, petugas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) bisa melihat notifikasi pengajuan pencegahan dari kepolisian apabila WNA kena tilang dan belum bayar denda.

Pelaksana (Plt) Direktur Jenderal Imigrasi, Widodo Ekatjahjana mengatakan, Imigrasi dapat mengambil tindakan administratif keimigrasian untuk menuntut kepatuhan Orang Asing yang ada di wilayah yuridiksi hukum Indonesia.

"WNA yang melakukan pelanggaran lalu lintas akan dikenakan pencegahan dengan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) berdasarkan permintaan Kepolisian," kata Widodo.

"Jika WNA sudah menyelesaikan kewajibannya atas pelanggaran lalu lintas, maka akan diizinkan keluar dari wilayah Indonesia," tambahnya, dikutip dari Website Imigrasi, Kamis (1/12/2022).

Widodo mengimbau, masyarakat pemilik jasa penyewaan kendaraan untuk lebih berhati-hati ketika menyewakan kendaraannya kepada WNA.

Baca Juga: Polisi Masih Berani Lakukan Tilang Manual di Jalan, Korlantas Polri: Jangan Takut Segera Laporkan

Apabila WNA tersebut melanggar lalu lintas, maka akan berimbas pemilik kendaraan yang terkena denda tilang.

"Jika ada WNA yang terbukti melanggar dan mangkir maka masyarakat dipersilakan untuk melapor kepada Imigrasi," ungkap Widodo.

Source : Tribunnews.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.