Makna Bulan Desember Bagi Pembalap MotoGP, Simak Faktanya

Joni Lono Mulia - Minggu, 4 Desember 2022 | 16:15 WIB
Ducati Motor Holding SpA
Terungkap pembalap MotoGP tidak banyak kegiatan di bulan Desember, simak faktanya

MOTOR Plus-online.com - Ada hal menarik bulan Desember bagi pembalap MotoGP, bukan karena libur akhir tahun sudah dekat, ada fakta menarik yang patut disimak.

Akan tetapi ada aturan di bulan Desember yang wajib dipatuhi pembalap MotoGP terkait dengan pembatasan aturan tes motor baru.

Yup, bulan Desember menjadi bulan larangan bagi pembalap reguler MotoGP, pembagap penguji dan juga skuat tes tim melakukan uji coba motor untuk musim depan.

Itu sebabnya, pabrikan Eropa memilih untuk memaksimalkan bulan November dalam pengujian dan pengetesan untuk motor MotoGP.

Secara aturan jelas FIM dan Dorna melarang bulan Desember bagi pembalap dan tim MotoGP melakukan uji coba.

Bulan Desember jadi penting karena semua aktivitas riset dan pengembangan motor MotoGP dihentikan di bulan Desember dan baru boleh kembali di mulai di Januari.

Bulan Desember juga menjadi bulan terakhir pembalap MotoGP terikat kontrak dengan tim MotoGP.

Itu sebabnya pembalap MotoGP yang punya kontrak dengan skuat lain saat tes MotoGP Valencia 2022 beberapa waktu lalu tidak mengenakan baju balap sesuai tim mereka berada.

Semisal; Joan Mir belum pakai baju balap Repsol Honda, Jack Miller belum pakai baju balap KTM hingga Miguel Oliveira belum memakai seragam skuat RNF Aprilia.

Baca Juga: Siapa Paling Tua Dan Paling Muda Di Daftar MotoGP 2023, Juga Paling Tinggi Dan Paling Imut

Hal itu terjadi karena pembalap MotoGP masih terikat kontrak yang klausulnya baru berakhir di 31 Desember 2022.

Di samping adanya larangan pengetesan dan soal masak akhir klausul kontrak musim ini.

Pembalap MotoGP memilih Desember sebagai waktunya liburan sebelum menghadapi tes pramusim MotoGP 2023 mulai Februari mendatang.

Source : Berbagai sumber
Penulis : Joni Lono Mulia
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.