Erupsi Gunung Semeru, Siaga Darurat Mulai Diterapkan 14 Hari

Didit Abdillah - Minggu, 4 Desember 2022 | 18:15 WIB
Kompas.com
Erupsi Gunung Semeru mulai membuat Lumajang tetapkan 14 hari siaga darurat. Bikers di Jatim harus jauh lebih waspada.

Motor PLUS - Online.com - Gunung Semeru, di Lumajang, Jatim kembali erupsi dan membuat kawasan terdekat, mengungsi di Balai Desa Candipuro, Kabupaten Lumajang. 

Berdasarkan beberapa pengakuan dari warga setempat, erupsi Gunung Semeru sudah terjadi sejak pukul 02.40 WIB. 

Atas bencana alam erupsi Gunung Semeru ini, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menegaskan status siaga darurat selama 14 hari ke depan. 

"Kami masih berfokus pada penanganan bencana. Pendirian dapur umum juga sedang didirkan di sejumlah titik termasuk Desa Penanggal ini," ungkap Thoriqul.

Thoriq mengatakan pihaknya masih akan terus melakukan pemantauan di sejumlah titik terdampak.

Dilansir dari Tribun Jatim, Thoriqul juga menuturkan, ada dua desa yang terdampak APG, yakni di Desa Supiturang, Kecamatam Pronojiwo; dan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

"Karena ini masih di aliran lahar sungai, maka masyarakat yang ada di sekitar aliran lahar kita evakuasi ke tempat yang lebih aman. Evakuasi sudah dilakukan," ucapnya.

Adapun desa yang terdampak hujan abu antara lain di Desa Penanggal, Desa Sumbermujur, Desa Pronojiwo, Desa Supiturang.

"Yang tadi terdampak APG itu pasti terdampak abu, dan sekarang kondisinya gelap. Sekarang ini hujan, saya berada di Balai Desa Penanggal, hujan air dan hujan abu campur," ungkapnya.

Beberapa penggiat otomotif dari ajang balap juga berasal dari Lumajang, seperti M. Faerozi yang kita doakan semua keluarga dari Feroz dan penduduk di sekitar Gunung Semeru diberikan keselamatan dan kesehatan. 

Baca Juga: Status Gunung Semeru Dinaikkan Jadi Awas, Bikers Diminta Pakai Masker

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Aong

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular