Begini Cara Aman Berkendara Motor Saat Hujan Abu Vulkanik Gunung Semeru

Ardhana Adwitiya - Selasa, 6 Desember 2022 | 15:10 WIB
Twitter/BNPB_Indonesia
Ilustrasi berkendara motor saat hujan abu vulkanik akibat awan panas guguran (APG) dari erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).

MOTOR Plus-online.com - Begini cara aman berkendara motor saat terjadi hujan abu vulkanik Gunung Semeru. Gunung berapi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur itu mengalami erupsi pada Minggu (4/12/2022).

Gunung Semeru erupsi menyebabkan hujan abu vulkanik akibat awan panas guguran (APG) di sekitar Kabupaten Lumajang. Bahkan abu vulkanik Gunung Semeru menyebar sampai Kabupaten Malang, Senin (5/12/2022).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Jawa Timur Sudono mengatakan ada laporan dari warga di Kecamatan Ampel Gading hujan abu vulkanik sudah muncul.

"Hanya abu saja yang masuk ke wilayah Malang ada laporan dari warga di Ampel Gading," ujar Sudono dikutip dari Tribunnews.com.

Meski demikian Sudono memastikan tidak ada kerusakan atau korban jiwa akibat hujan abu vulkanik di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

"Tidak ada kerusakan untuk wilayah Kabupaten Malang," kata dia

Lantas bagaimana cara aman berkendara motor jika jalanan tertutup abu vulkanik dari Gunung Semeru?

Hal itu dijawab Joel Deksa Mastana, Direktur Mobilitas Sepeda Motor Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus ahli safety riding.

Baca Juga: Motor Terkena Abu Vulkanik Gunung Semeru Erupsi, Bikers Wajib Cek Area Ini

"Secara prinsip semua sama, saat ini naik motor harus pakai masker. Masker itu penting banget jadi harus siapkan masker, baik masker yang bisa dipakai ulang maupun yang sekali pakai," ujar Joel saat dihubungi MOTOR Plus-online, Senin (5/12/2022).

Source : Tribunnews.com
Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Ahmad Ridho

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular