Bike To Work Indonesia Minta Pengendara Motor Yang Masuk Jalur Sepeda Ditindak Juga

Ardhana Adwitiya - Rabu, 7 Desember 2022 | 08:30 WIB
Warta Kota/Nuri Yatul Hikmah
Ilustrasi pengendara motor masuk jalur sepeda di Jakarta.

MOTOR Plus-online.com - Bike to Work (B2W) Indonesia minta polisi tindak pengendara motor yang terobos jalur sepeda. Baru-baru ini viral di media sosial video polisi menegur pengendara sepeda yang tidak pada jalurnya.

Yup, video polisi menegur pengendara sepeda yang keluar jalur viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun Instagram resmi @tmcpoldametro, Selasa (6/12/2022).

Dalam video terlihat polisi meminta pesepeda untuk masuk jalur sepeda yang sudah disediakan. Video tersebut diambil di Jalan Sudirman-Thamrin.

"Dir Lantas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Latif Usman, S.I.K., M. Hum. melakukan Pemantauan Arus Lalu Lintas dan melakukan peneguran bagi Pesepeda agar memasuki jalur Sepeda yang sudah di sediakan, guna menghindari kecelakaan lalu lintas di Jln. Sudirman - Thamrin," tulis keterangan postingan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

Terlepas dari video viral itu, Bike to Work Indonesia menyoroti jalur sepeda di Jakarta yang kerap diserobot pengendara motor.

Hal itu disampaikan pegiat sepeda B2W Indonesia Toto Sugito dalam forum diskusi bertema jejak pendapat publik untuk evaluasi jalur sepeda existing DKI Jakarta, Senin (5/12/2022) malam.

"Memang mulanya orang bersepeda itu harus dikondisikan, akan tetapi ada aturannya dan UU, di mana kalau jalur sepeda itu sampai dilanggar, maka itu harus dikenakan sanksi," ujar Toto dikutip dari Kompas.com.

Menurut Toto, pemerintah harus memasifkan sosialisasi terlebih dahulu terkait penggunaan jalur sepeda di jalan raya.

Baca Juga: Polisi Geram, Pesepeda Ditegur Malah Ngeyel Keluar Dari Jalur Sepeda di Sudirman

Soalnya, pesepeda memiliki hak yang sama dengan para pengendara lain.

Source : Kompas.com
Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.