Satu Motor Listrik Charged Indonesia Dirakit Butuh Waktu 12 Menit

Niko Fiandri - Rabu, 7 Desember 2022 | 10:04 WIB
Istimewa
Start perakitan motor listrik Charged Indonesia

MOTOR Plus-Online.com – Berapa lama sih proses merakit motor listrik? Jawabannya bisa lihat perakitan motor listrik Charged beberapa waktu lalu (5/12).

MOTOR Plus-Online lihat langsung perakitan motor listrik Charged. PT Industri Charge Mobilitas Indonesia (ICMI) produsen motor listrik Charged.

Luas pabrik motor listrik Charged 16.000 meter persegi. Lokasi pabrik di kawasan Cikupa, Kab. Tangerang, Banten.

“Kami targetkan setahun 230 ribu unit. Sekarang kita sudah punya 1.200 outlet,” jelas Stephanus Widi, Chief Commercial Officer Charged Indonesia kepada MOTOR Plus-Online.com.

Motor listrik Charged sampai akhir 2022 sudah memproduksi tiga tipe. Ketiga motor listrik Charged Indonesia, Charged Anoa, Rimau, dan Charged Maleo.

Perangkitan Charged di pabrik terdiri dua rangkaian atau dua supply chain. Rangkaian pertama rangka dan kabel bodi, dilanjutkan rangkaian kedua merakit ban, ECU, dinamo, cover bodi, dan baterai.

Istimewa
Pembuatan nomor rangka atau VIN (Vehicle Identification Number) motor listrik Charged Indonesia

Dua rangkaian ini hanya butuh 12 menit untuk bikin satu motor listrik Charged. Artinya, 12 menit motor listrik Charged sudah siap dikirim dari pabrikan ke outlet.

"Kalau motor bakar, ada tambahan line. Perakitan mesin dan girboks. Di motor listrik perakitannya simpel," jelas Boby Surya, Production Manager Charged Indonesia

Di jalur perakitan, rangka yang sudah dipasang kabel bodi naik ke line. Dinamo dan ban dipasang ke rangka.

Baca Juga: Dari Honda Jazz Sampai Toyota Innova, Ini Pilihan Mobil Bekas Rp 80 Jutaan Daripada Ganti Moge 

Lanjut ke pemasangan rem depan belakang. Bergeser ke instalasi ECU dan lampu depan-belakang.

Tahap akhir perakitan setelah pemasangan bodi cover.
Unit motor listrik Charged masuk ke tes akselerasi, pengereman, dan uji lurus atau tidak depan-belakang motor. Terakhir, uji penerang motor.

Selesai deh dalam waktu 12 menit.

Penulis : Niko Fiandri
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.