Biaya Pendaftaran Kejurnas Balap Motor Di Indonesia dan Malaysia, Mana Yang Lebih Murah?

Didit Abdillah - Kamis, 8 Desember 2022 | 15:30 WIB
Pradana/GridOto
Ilustrasi Kejurnas Balap Motor Underbone di Indonesia.

MOTOR Plus-Online.com - Di negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand, Kejuaraan balap motor adalah salah satu olahraga terfavorit. 

Namun hanya Indonesia dan Malaysia yang sampai saat ini kejuaraan motor bebek atau underbone masih sangat aktif dan tinggi peminatnya. 

Di kasta tertingginya, Indonesia ada Kejurnas OnePrix dan di Malaysia ada Malaysian Cub Prix yang sama-sama disiarkan langsung di televisi nasional. 

Dari sisi teknik, regulasi keduanya sudah jauh berbeda. Kelas Expert di OnePrix jauh lebih advance dari segi teknik. 

Sedangkan di Malaysian Cub Prix jauh lebih sederhana, hanya saja sudah menggunakan ban slick dari Dunlop, setara regulasi UB150 ARRC. 

Malaysian Cub Prix

Bagaimana dari segi pendaftara peserta? Keduanya sama-sama menerapkan biaya pendaftaran per seri. 

Di Kejurnas OnePrix, biaya pendaftaran untuk satu seri adalah Rp 1,25 juta untuk satu motor dan satu pembalap di satu kelas. 

Sedangkan di Malaysian Cub Prix biaya pendaftaran satu motor dan satu pembalap di satu kelas untuk per seri adalah 400 RM atau sekitar 1,41 juta (kurs 1 RM setara Rp 3.528 pada 8 Desember). 

Dari segi pendafataran sudah tak jauh berbeda, bahkan dari Malaysian Cup Prix sudah lebih mahal daripada Kejurnas OnePrix

Source : Berbagai sumber
Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular