Tilang Manual Diberlakukan Lagi, Pengamat Himbau Ada Pengawasan Ketat

Albi Arangga - Minggu, 11 Desember 2022 | 19:00 WIB
Twitter/TMC Polda Metro Jaya
Ilustrasi tilang manual yang kembali diberlakukan polisi.

MOTOR Plus-Online.com - Diberlakukannya kembali penerapan tilang manual untuk para pelanggar lalu lintas perlu diawasi secara ketat.

Tilang manual kembali diberlakukan setelah sempat ditiadakan. Peniadaan tilang manual tersebut juga dalam rangka memaksimalkan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Namun pascatilang manual dihapus, banyak siasat yang dilakukan oleh para oknum pengendara untuk melakukan pelanggaran lalu lintas.

Di sisi lain, sistem ETLE juga belum mampu menangkap beberapa pelanggaran lalu lintas seperti pengguanaan knalpot brong atau beberapa pemotor yang tidak membawa dokumen macam STNK dan SIM.

Oleh sebab itu, pada akhirnya tilang manual kembali diterapkan dengan beberapa pelanggaran lalu lintas tertentu saja.

Mengenai hal tersebut, pemerhati tranportasi dan hukum, Budiyanto, menganggap hal tersebut cukup tepat. Hal ini juga dalam rangka mencegah tindak kejahatan.

"Merupakan suatu inovasi dan kebijakan yang tepat untuk mempersempit ruang adanya pelanggaran hukum baru yang mengarah pada tindak pidana kejahatan," kata Budiyanto dalam keterangan resmi, Minggu (11/12/2022).

Namun pada prosesnya, Budiyanto menjelaskan penerapan tilang manual tersebut perlu dilakukan pengawasan secara ketat.

Baca Juga: Makin Gawat Nunggak Pajak Kendaraan Ketahuan dari Kamera ETLE Berlaku Mulai 1 Januari 2023

"Hanya dalam pelaksanaan tetap adanya pengawasan yang ketat secara berjenjang untuk menghindari penyalahgunaan wewenang berupa pungli dan mencari-cari pelanggaran di luar apa yang sudah digariskan," kata Budiyanto.

Source : Kompas.com
Penulis : Albi Arangga
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.