Ada Indikator V-Belt CVT Di Motor Matic Yamaha NMAX, Bikers Harus Tahu Fungsinya

Uje,Ardhana Adwitiya - Minggu, 11 Desember 2022 | 21:45 WIB
Isal/GridOto
Ilustasi v-belt di CVT motor matic Yamaha NMAX.

MOTOR Plus-online.com - Motor matic Yamaha NMAX ternyata punya indikator pengingat penggantian v-belt CVT, bikers harus tahu fungsi dan cara mematikannya. V-belt jadi salah satu komponen penting di CVT motor matic, termasuk Yamaha NMAX.

Seperti diketahui, v-belt terbuat dari bahan karet  yang dicampur serat kawat baja. Berkat paduan bahan tersebut, v-belt sanggup menahan gesekan antara puli depan dan puli belakang.

V-belt biasanya memiliki usai pakai sekitar 15.000-25.000 kilometer. Kalau enggak diperhatikan, v-belt CVT ini bisa putus di jalan.

Untungnya sebelum putus, motor matic Yamaha NMAX dilengkapi indikator atau pengingat untuk mengganti v-belt pada area panel instrumen digital.

"Anjurannya memang v-belt di Yamaha NMAX diganti tiap 25 ribu kilometer pemakaian," kata Dustin owner Garage +62 di Jl. Kembang Kerep No.88, Kembangan, Jakarta Barat.

"Jadi jika sudah melewati 25 ribu kilometer, maka ada indikator v-belt trip yang berkedip untuk mengingatkan pengguna buat mengganti v-belt," tambahnya.

Reyhan Firdaus/MOTOR Plus-online
Indikator v-belt di panel instrumen digital motor matic Yamaha NMAX.

Tapi apakah setelah ganti v-belt maka indikator tersebut akan hilang dengan sendirinya?

"Tentu saja tidak, karena harus menghilangkannya sendiri. Caranya sangat mudah," ujarnya.

Baca Juga: Ini Fungsi V-Belt di CVT Motor Matic Honda BeAT, Harga Mulai Rp 90 Ribuan

Source : GridOto.com
Penulis : Uje
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.