Pemotor Harus Waspada Banjir Bandang Dan Longsor Di Semeru Jelang Libur Nataru

Didit Abdillah - Selasa, 13 Desember 2022 | 17:00 WIB
Twitter/BNPB_Indonesia
Ilustrasi berkendara motor saat hujan abu vulkanik akibat awan panas guguran (APG) dari erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).

MOTOR Plus-Online.com - Pada (4/12/2022) lalu Gunung Semeru kembali mengeluarkan asap panas yang menjadi tanda awal erupsi. 

Kini para warga di sekitar Semeru yang berada di Lumajang, Jatim sedang dalam status siaga darurat setidaknya sampai akhir Desember.

Hingga pada (13/12/2022) pihak Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika juga memprediksikan adanya bencana alam lain di Semeru dan sekitarnya. 

Dilansir dari Kompas.com, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengungkapkan rasa khawatir akan terjadinya bencana seperti banjir bandang dan tanah longsor

Bencana-bencana tersebut diprediksi terjadi pada sekitar tanggal 19-24 Desember mendatang, tepat menjelang libur Nataru. 

"Jadi, daerah-daerah tersebut perlu diantisipasi potensi terjadi banjir, longsor, banjir bandang," kata Dwikorita Karnawati. 

"Dan yang perlu dikhawatirkan adalah di wilayah Semeru, karena Jawa Timur di situ termasuk merah," lanjutnya dalam rapat di Komisi V DPR (13/12/2022). 

"Periode 19-24 Desember, di sini kita lihat yang warna merah antara tanggal 19-24 Desember, artinya, hujan lebat," ucap Dwikorita.

Menurut dia, khusus di sekitar Semeru, masih ada tumpukan material hasil runtuhan awan panas yang dapat tersapu hujan lebat.

Baca Juga: Viral Kevin Sanova Mantan Pesinetron Anak Langit Jualan Roti Keliling, Tampil Keren Bareng Motor Kawasaki Ninja 250 Karbu

Ia khawatir, kondisi itu akan mengakibatkan aliran lahar di wilayah Gunung Semeru.

"Ini kami terus memonitor, mengantisipasi, berkoordinasi dengan badan geologi," tutup Dwikorita. 

Baca Juga: Begini Cara Aman Berkendara Motor Saat Hujan Abu Vulkanik Gunung Semeru

 

Source : Kompas.com
Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular