Kapan Roller CVT Motor Matic Yamaha NMAX Minta Diganti, Ini Jadwalnya Cek Sebelum Turing

Galih Setiadi - Kamis, 15 Desember 2022 | 19:55 WIB
Kolase YIMM/GridOto.com
Foto ilustrasi. Cek jadwal roller CVT motor Yamaha NMAX minta diganti, jangan sampai telat.

MOTOR Plus-online.com - Jangan sampai bablas, buruan cek jadwal roller CVT motor matic Yamaha NMAX minta diganti. Apakah pemberat di CVT motor Yamaha NMAX bikers sudah waktunya untuk diganti?

Para pemilik Yamaha NMAX jangan lupa untuk mengecek kondisi Continuously Variable Transmission khususnya CVT motor, termasuk komponen roller atau pemberat nih.

Yup, roller merupakan salah satu komponen di dalam CVT motor matic seperti Yamaha NMAX. Weight (pemberat) atau roller bertugas untuk mengatur pergerakan pulley primer bergerak.

Roller pada CVT berfungsi agar rasio pulley dari mesin ke roda bekerja otomatis. Komponen tersebut menggunakan prinsip gaya sentrifugal atau gaya yang keluar dari sebuah gerakan rotasi dengan arah menjauhi poros putaran.

Perlu brother ketahui, bobot roller CVT motor matic bisa berbeda dengan tipe lainnya.

Misalnya saja untuk Yamaha NMAX lama dan yang terbaru, bobotnya 13 gram untuk setiap roller. Sementara Yamaha Xeon lebih ringan, yaitu 11 gram per roller.

Sama seperti mesin, bikers juga perlu memperhatikan kondisi roller CVT secara berkala. Terdapat jadwal yang disarankan untuk penggantian roller.

Jangan sampai roller aus akibat malas ngecek, yang bisa berakibat tarikan berat. Tidak hanya itu, konsumsi bensin pun lebih boros.

Baca Juga: Tanda-tanda Roller Di CVT Motor Matic Rusak, Jangan Sampai Enggak Sadar

Seperti yang disampaikan Area Service Development PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) area Sumatera Selatan dan Bengkulu, Stevan Indo Martha.

Penulis : Galih Setiadi
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.