Simak Tanda Roller CVT Motor Matic Honda BeAT Harus Diganti, Bisa Merusak Komponen Lain

Ardhana Adwitiya - Kamis, 15 Desember 2022 | 20:05 WIB
Kolase Dok. MOTOR Plus dan Uje/GridOto
Ilustrasi CVT motor matic Honda BeAT (kiri) dan roller yang alami kerusakan (kanan).

MOTOR Plus-online.com - Simak tanda roller CVT motor matic Honda BeAT alami kerusakan, bisa berimbas ke komponen CVT lainnya. Roller atau weight jadi salah satu komponen penting di dalam CVT motor matic seperti Honda BeAT.

Roller dipasang ke puli depan, tepatnya di Primary Sliding Sheave atau puli primer bergerak. Puli bergerak ini sering kali disebut rumah roller, bekerja mengatur pergerakan puli primer.

Komponen ini bekerja menggunakan prinsip gaya sentrifugal atau gaya yang keluar dari sebuah gerakan rotasi dengan arah menjauhi poros putaran.

"Sewaktu putaran mesin rendah, gaya sentrifugal yang ada di roller kecil sehingga posisi puli bergerak tidak berubah," kata Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).saat dihubungi MOTOR Plus-online beberapa waktu lalu (1/12/2022).

"Saat putaran mesin naik, roller bergerak menaiki tanjakan dari ramp plate (tutup rumah roller) akibat gaya sentrifugal, sehingga lebar puli berkurang," sambungnya.

"Perbandingan gigi berubah secara kontinu v-belt dari daerah jangkauan kecepatan rendah ke jangkauan kecepatan tinggi," lanjutnya.

"Ketika putaran naik lebih lanjut, roller bergerak lebih lanjut menuju keliling dari movable ddrive face (puncak tanjakan rumah roller) akibat gaya sentrifugal sampai posisi stop tercapai," tambahnya.

"Akibatnya v-belt terdorong ke mengelilingi puli primer," jelas Endro.

Baca Juga: Ini Fungsi Roller di CVT Motor Honda BeAT, Bikers Wajib Paham

Seiring pemakaian, ternyata roller di CVT motor matic bisa rusak. Kerusakan yang terjadi ialah bentuk roller peyang atau bopeng.

Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.