Motor Jadi Pelopor Dimulainya Ekosistem Kendaraan Listrik

Albi Arangga - Sabtu, 17 Desember 2022 | 07:31 WIB
Galih Setiadi/MOTOR Plus-online
Ilustrasi motor listrik, disarankan jadi pelopor utama menggebrak ekosistem kendaraan listrik.

MOTOR Plus-Online.com - Ekosistem kendaraan listrik bisa dimulai dari motor.

Tidak bisa dipungliri kebutuhan mobilitas yang terus berkembang membuat masyarakat harus memiliki moda transportasi sendiri. Dan sebagian besar masyarakat memilih motor.

Motor pada akhirnya memiliki populasi yang besar di Indonesia. Hal ini menjadi satu pertanda bahwa motor merupakan transportasi paling populer di masyarakat.

Karena populasinya paling banyak, tentu saja konsumsi BBM paling besar dari para pemotor.

Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB), Ahmad Safrudin, menyajikan sebuah data kalau motor mengonsumsi bensin sebanyak 25.375.105 liter pada tahun 2021.

Sementara roda empat hanya 11.167.394 liter dari total BBM jenis bensin yang terjual pada tahun lalu.

Nah, Pemerintah saat ini sedang menggencarkan ekosistem kendaraan listrik. Ahmad pun memberi saran, bangunan ekosistem kendaraan listrik bisa dimulai dari motor.

"Kalau kita ambil yang bensinnya saja, 69 persen disedot oleh motor. Jadi mobil itu hanya 31 persen. Jadi kita sepakat dengan pemerintah untuk masuk ke elektrifikasi road transportation mulai dari motor," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Sabtu (17/12/2022).

Baca Juga: Harga Motor Listrik Gesits Kalau Dapat Subsidi Rp 8 Juta dari Pemerintah, Ini Faktanya

“Yang lain bukannya tidak penting, tetap penting, tapi kita trigger dari situ. Mudah-mudahan dari trigger dari motor ini akan memberikan percepatan di kemudian hari," kata dia.

Source : Kompas.com
Penulis : Albi Arangga
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.