Spora EV Soft Launching Bengkel Konversi Motor Listrik, Catat Alamatnya

Ardhana Adwitiya - Senin, 19 Desember 2022 | 14:55 WIB
Istimewa
Spora EV soft launching bengkel konversi kendaraan listrik termasuk motor listrik di bilangan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Senin (19/12/2022).

MOTOR Plus-online.com - Spora EV soft launching alias meluncurkan bengkel konversi motor listrik dari motor bensin, catat lokasinya. Spora EV adalah startup EV (Electric Vehicle) pertama di Indonesia yang berbasiskan kemampuan rancang bangun engineering kendaraan listrik termasuk motor listrik.

Seperti diketahui, motor listrik saat ini telah menjadi salah satu isu strategis di Indonesia. Motor listrik dan kendaraan listrik lainnya jadi isu penting karena terkait dengan beberapa isu penting, mulai penurunan emisi karbon, ketersediaan cadangan nikel, hingga besarnya import bahan bakar kita yang berujung atas besarnya subsidi bahan bakar yang harus dianggarkan pemerintah setiap tahunnya.

Meski begitu perkembangan motor listrik masih menghadapi tantangan.

Salah satunya dari sisi ketersediaan motor listrik yang masih terbatas tipenya, serta harganya relatif lebih mahal dibandingan motor berbahan bakar minyak (BBM).

Sejak akhir tahun 2020, pemerintah telah melihat kemungkinan solusi konversi kendaraan untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di tanah air.

Konversi ini mengubah kendaraaan BBM atau solar, menjadi kendaraan listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV).

Berlanjut ke 2022, saat ini EV Conversion atau konversi kendaraan listrik telah menjadi salah satu program penting yang terus didorong oleh pemerintah.

Bentuk nyata keseriusan pemerintah bisa dilihat dari telah dikeluarkannya aturan terkait koversi, baik untuk roda dua (motor) maupun untuk roda empat dan lebih.

Baca Juga: Spora EV Kerja Sama Dengan EVCuzz Bangun Charging Station Kendaraan Listrik, Bisa Buat Motor Listrik?

Belum lagi rencana subsidi sebesar Rp 5 juta per motor listrik hasil konversi, yang saat ini telah dalam proses perumusan oleh pemerintah.

Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.