Touring Motor Liburan Akhir Tahun 2022 Wajib Siaga, BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem

Ardhana Adwitiya - Rabu, 21 Desember 2022 | 08:19 WIB
KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES
Ilustrasi cuaca ekstrem. BMKG rilis peringatan cuaca ekstrem jelang libur nataru, bikers mau touring motor liburan akhir tahun 2022 wajib waspada.

MOTOR Plus-online.com  - Touring motor liburan akhir tahun 2022 wajib siaga, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kasih peringatan cuaca ekstrem. BMKG terus memantau kondisi cuaca di seluruh Indonesia jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Libur akhir tahun selalu digunakan bikers untuk touring motor. Touring motor liburan akhir tahun 2022 dilakukan guna melepas penat dari kesibukan kerja sehari-hari.

Namun bikers yang akan melakukan perjalanan touring motor akhir tahun wajib siaga. Pasalnya BMKG mengatakan akan ada cuaca ekstrem di beberapa daerah di Indonesia saat libur Nataru.

Hal tersebut disampaikan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

"BMKG memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia, di mana berdasarkan data analisis cuaca terbaru bahwa dalam periode sepekan kedepan terdapat potensi signifikan dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia khususnya selama periode Natal dan Tahun Baru," kata Dwikorita dikutip dari rilis resmi yang diterima MOTOR Plus-online, Rabu (21/12/2022). 

"Berdasarkan platform informasi Prakiraan Berbasis Dampak BMKG, beberapa wilayah dengan potensi siaga yang perlu diwaspadai pada periode tanggal 21 - 23 Desember 2022,"

Wilayah yang mendapat status POTENSI SIAGA itu adalah:

1. Sebagian wilayah Aceh
2. Sebagian wilayah Sumatera Utara
3. Sebagian wilayah Riau
4. Sebagian wilayah Jawa Barat
5. Sebagian wilayah Jawa Tengah
6. Sebagian wilayah Jawa Timur
7. Sebagian wilayah Nusa Tenggara Timur
8. Sebagian wilayah Kalimantan Barat
9. Sebagian wilayah Kalimantan Timur
10. Sebagian wilayah Kalimantan Utara
11. Sebagian wilayah Maluku
12. Sebagian wilayah Papua

Baca Juga: Pemotor Harus Waspada Banjir Bandang Dan Longsor Di Semeru Jelang Libur Nataru

Khusus untuk tanggal 24 Desember 2022, POTENSI SIAGA dari prakiraan berbasis dampak perlu diwaspadai di SEBAGIAN wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Source : BMKG
Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular