Pemerintah Serius Subsidi Motor Listrik, Dana Rp 5 Triliun Disiapkan

Albi Arangga - Kamis, 22 Desember 2022 | 07:25 WIB
Dok. Charged Indonesia
Ilustrasi subsidi motor listrik menjadi rencana serius bagi Pemerintah.

MOTOR Plus-Online.com - Pemerintah sampai saat ini serius dengan rencana subsidi pembelian motor listrik untuk masyarakat.

Bahkan pemerintah juga telah menyiapkan dana hingga Rp 5 triliun untuk keberlangsungan subsidi motor listrik.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menurutnya, alokasi anggaran untuk subsidi pembelian motor listrik masih menjadi pembahasan bersama dengan Menteri Keuangan, yakni Sri Mulyani Indrawati.

"Ini sedang bicara dengan Bu Menteri Keuangan nilainya Rp 5 triliun, nanti dibagi motor berapa, mobil berapa. Bus kita akan pertimbangkan juga," ujar Airlangga dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Ia menjelaskan, pada dasarnya subsidi pembelian motor listrik juga dilakukan oleh semua negara sebagai upaya melakukan transisi ke energi bersih.

Negara kompetitor, seperti Thaliand juga telah memberikan insentif pembelian kendaraan listrik.

"Transisi energi, salah satu pengguna terbesar adalah sektor otomotif, dan sektor otomotif ini, semua negara eropa memberikan insentif," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Sebut Subsidi Motor Listrik Penting hingga Singgung Angkutan Umum

Airlangga menyatakan, pemberian insentif kendaraan listrik diperlukan sebab harganya yang 30 persen lebih mahal dari harga kendaraan konvensional.

Source : Kompas.com
Penulis : Albi Arangga
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.