Tanda V-belt CVT Motor Matic Honda PCX 160 Minta Diganti, Barunya Rp 100 Ribuan Daripada Putus di Jalan

Ardhana Adwitiya - Kamis, 22 Desember 2022 | 10:14 WIB
FB PCX160
Ilustrasi v-belt di CVT motor matic Honda PCX 160.

MOTOR Plus-online.com - Tanda v-belt di CVT motor matic Honda PCX 160 minta diganti, sebelum putus di jalan beli baru cuma Rp 100 ribuan. Setelah Honda BeAT, sekarang kita bahas v-belt di CVT motor matic Honda PCX 160.

Honda PCX 160 merupakan motor matic berbody besar yang banyak diminati bikers. Sebagai motor matic, tentunya bikers wajib merawat komponen di dalam CVT, salah satunya v-belt.

V-belt CVT motor matic Honda PCX 160 punya peran penting. Drive belt atau v-belt berfungsi sebagai penghubung antara Drive Pulley atau puli depan dengan Driven Pulley atau puli belakang.

"Fungsi belt meneruskan putaran Drive pulley ke Driven pulley," kata Endro Sutarno, Technical Service Division AHM saat dihubungi MOTOR Plus-online, Rabu (30/11/2022).

Seiring pemakaian motor matic Honda PCX 160, v-belt akan mengalami kerusakan seperti aus atau getas.

Pasalnya v-belt motor matic Honda PCX 160 terbuat dari bahan karet yang dicampur serat kawat baja. Bahan karet digunakan karena sanggup menahan gesekan antara puli depan dan puli belakang.

Untungnya bikers bisa merasakan tanda-tanda kerusakan pada v-belt CVT motor matic Honda PCX 160.

"Tanda-tandanya performa motor turun, akselerasi jadi kurang, dan suara mesin di bagian CVT akan lebih kasar dibanding sebelumnya," kata Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) saat dihubungi MOTOR Plus-online, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga: Tanda V-belt CVT Motor Matic Honda BeAT Rusak, Begini Penjelasan Ahli Teknisi AHM

Saat servis CVT, bikers bisa melihat bagian dalam atau bagian bergerigi dari v-belt.

Source : HondaCengkareng.com
Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.