Begini Cara Kerja Tilang Elektronik, 20 Daerah Sudah Dipasang Kamera ETLE

Ahmad Ridho - Sabtu, 24 Desember 2022 | 09:55 WIB
Tribunnews.com
Pemotor harus tahu cara kerja tilang elektronik (ETLE), ada 20 daerah yang sudah menerapkan tilang elektronik di Indonesia.

MOTOR Plus-online.com - Pemotor pelanggar lalu lintas waspada, sudah 20 daerah di Indonesia yang dipasang kamera tilang elektronik (ETLE).

Tilang elektronik resmi diberlakukan setelah tilang manual dihapuskan.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo resmi menginstruksikan penghapusan tulang manual dengan tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforecement).

Instruksi larangan tilang manual tersebut dimuat dalam surat telegram Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022, per tanggal 18 Oktober 2022, yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi atas nama Kapolri.

Salah satu isi telegram itu mengatur agar jajaran Korlantas memaksimalkan penindakan melalui tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforvement (ETLE) baik statis maupun Mobile.

Korlantas Polri saat ini sudah mengoptimalkan kamera ETLE statis (terpasang di jalan) maupun mobil (pakai kamera HP) untuk menghindari terjadinya pungutan liar terhadap pelanggar lalu lintas.

Penerapan aturan tilang elektronik secara nasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran atau disiplin berkendara di masyarakat.

Tidak hanya masyarakat, oknum polisi yang melakukan pelanggaran lalu lintas juga akan ditindak.

Baca Juga: Nekat Abaikan Surat Tilang Elektronik, Ini yang Akan Terjadi

Tilang elektronik tidak hanya merekam pelanggaran lalu lintas di jalan, tapi kelengkapan surat (SIM dan STNK) serta helm yang sering dilupakan pemotor.

Penulis : Ahmad Ridho
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.