Hari Ini 18 Tahun Lalu Tsunami Aceh Terjadi, Motor 2-Tak Suzuki Jadi Saksi Bisu

Ardhana Adwitiya - Senin, 26 Desember 2022 | 17:35 WIB
Facebook/Hnh Tours
Motor 2-tak Suzuki jadi saksi bisu bencana tsunami Aceh tanggal 26 Desember 2004 lalu.

MOTOR Plus-online.com - Hari ini 18 tahun lalu gempa dan tsunami Aceh terjadi, motor 2-tak Suzuki jadi saksi bisu bencana mengerikan itu. Hari ini 18 tahun lalu atau tepatnya 26 Desember 2004 bencana tsunami menerjang Aceh dan Kepulauan Nias, Sumatera Utara.

Tsunami Aceh disebabkan gempa magnitudo 8,9 yang berpusat di Samudra Hindia. Tak hanya Aceh, tsunami juga menghantam Malaysia, Thailand, Sri Langka, Banglades, India, Maladewa, Myanmar, dan negara lain di sekitar Samudra Hindia.

Akibat bencana itu, lebih dari 280.000 orang meninggal dunia.

Untuk memperingati 18 tahun tsunami Aceh, Pemerintah Provinsi Aceh mengadakan dzikir, solawat, santunan anak yatim, dan doa bersama di Kuburan Masal Siro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar hari ini, Senin (26/12/2022).

“Kuburan Massal Siron salah satu tempat saksi betapa dahsyatnya tsunami 2004 silam. Ada 40.000 lebih para syuhada yang dimakamkan di sana. Jadi, tidak hanya kegiatan seremonial semata, tapi kita bisa sekalian berziarah di sana,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal dikutip Kompas dari keterangan resmi, Rabu (21/12/2022).

Kuburan Massal Siron dipilih menjadi lokasi peringatan juga karena menjadi tempat berziarah korban tsunami dari berbagai agama dan suku.

Motor 2-tak Suzuki pun jadi saksi bisu bencana tsunami Aceh.

Bangkai motor 2-tak Suzuki bisa brother temui di Meseum Tsunami Aceh.

Baca Juga: Hari Ini 15 Tahun Tsunami Aceh Terjadi, Ini Motor Antik yang Jadi Saksi Bencana Alam Menakutkan Itu 

Banyak warganet mengabadikan motor 2-tak Suzuki korban tsunami Aceh di media sosial. Salah satunya akun Facebook Hnh Tours.





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.