Advertorial

Beberapa Hal Menarik Mengenai Istilah A La Carte di Restoran

ADV PI - Senin, 26 Desember 2022 | 19:35 WIB
Unsplash
Ilustrasi menu makanan di restoran.

MOTOR Plus-online.com -- Pencinta kuliner tentunya tidak asing dengan istilah a la carte. Setiap restoran biasanya memiliki pilihan menu tersebut. Seperti diketahui, a la carte adalah  menu yang dapat dipesan secara satuan.

Adapun, kebalikan dari a la carte adalah menu combo, set, atau dalam bahasa Prancis, table d’hote. Nah, supaya kamu enggak canggung saat pelayan di restoran menanyakan ingin memesan menu a la carte atau table d’hote saat ke restoran yang cukup “wah”, mari pelajari dulu pengertian dan hal-hal seputar menu a la carte.

Baca Juga: Ada Bagian Mall dan Restoran Dibuka Ketika PPKM, Ketahui Syarat dan Aturan Lengkapnya

A la carte berasal dari bahasa Prancis yang bermakna “sesuai dengan kartu”. Istilah ini muncul pada abad ke-19 di masa revolusi Prancis. Pada masa itu, makanan di restoran hanya dapat dipesan dengan sistem set yang berisi rangkaian makanan pembuka hingga penutup. Sistem tersebut bernama table d’hote.

Unsplash
Ilustrasi menu makanan.

Perbedaan menu a la carte dan table d’hote

Diulas dari  https://hotelier.id/ dengan memilih menu a la carte, pelanggan restoran dapat memilih untuk hanya makan makanan pembuka, menu utama (main course), atau dessert sesuai selera. Dengan demikian, pelanggan restoran tidak perlu memesan makanan yang tidak disukai dalam menu set.

Restoran biasanya juga menyediakan pilihan menu yang lebih banyak pada sistem a la carte. Sisi menarik lainnya, saat memilih menu a la carte, hidangan lebih segar. Pasalnya, chef baru memasak hidangan ketika dipesan.

Baca Juga: Kocak, Demam WSBK Mandalika 2022 Restoran Mie Pedas Lombok Tempel Foto Pembalap

Keuntungan makan dengan menu table d’hote adalah harga yang lebih murah. Harga yang ditawarkan pada menu a la carte memang relatif lebih mahal daripada table d’hote atau menu set.

Itulah ulasan singkat mengenai a la carte yang menjadi menu makanan yang sering tersedia di restoran-restoran.

Penulis : ADV PI
Editor : Sheila Respati

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA