Sikap Bikers saat Temui Kendaraan Pelat Nomor RF Paksa Minta Jalan

Albi Arangga - Selasa, 27 Desember 2022 | 10:10 WIB
Ilustrasi kendaraan dengan pelat RF di belakangnya.

MOTOR Plus-Online.com - Berikut sikap yang tepat dan bijak yang harus dilakukan oleh bikers saat menemui kendaraan berpelat nomor RF yang memaksa minta jalan.

Buat bikers yang enggak tahu nih, ada sebuah kendaraan mewah dan biasanya warna hitam memiliki kode RF tepat di belakang pelat nomornya.

Kode RF tersebut menunjukan sebuah kendaraan milik atau sering kali ditumpangi oleh seorang pejabat pemerintahan. Maka tak jarang kendaraan pelat RF juga terpasang lampu strobo.

Oleh sebab itu, kendaraan pelat RF tak jarang minta jalan ke para pengguna jalan lainnya termasuk dalam hal ini para bikers.

Namun ada juga kendaraan pelat RF tanpa pengawalan dari polisi masih memaksa untuk meminta prioritas jalan.

Padahal, kendaraan baru bisa mendapatkan prioritasnya ketika dikawal, seperti pada UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 135.

Lalu bagaimana cara bikers menyikapi pengguna pelat RF jika bertemu di jalan raya dan meminta prioritas?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, memberikan penjelasannya. Menurutnya, lebih baik menghindar dan berikan saja jalan, terlepas dari kelakuannya yang arogan.

Baca Juga: Arogan Lagi Pengendara Pelat Nomor RF Bawa-bawa Komandan Lebih Penting dari Kapolri dan Presiden

Menghindar di sini tujuannya adalah untuk menghindari kerugian yang bisa terjadi ketika konflik di jalan. Mengingat, kondisi emosi orang di jalan sulit diprediksi, bisa saja ketika dihalangi malah melakukan hal yang lebih membahayakan.

Source : Kompas.com
Penulis : Albi Arangga
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular