Jadi Penasaran, Apa Sirkuit MotoGP Itu Bisa Dipakai Balap F1? Begini Faktanya

Joni Lono Mulia - Rabu, 28 Desember 2022 | 12:55 WIB
Circuit de Barcelona-Catalunya
Sirkuit Catalunya salah satu sirkuit MotoGP yang bisa dipakai balapan F1, biar gak penasaran simak fakta sirkuit MotoGP bisa dipakai balapan F1

MOTOR Plus-online.com - Biar gak dibikin penasaran, apakah sirkuit MotoGP bisa dipakai balap F1? Apalagi di MotoGP 2023 ada sirkuit MotoGP yang sekaligus dipakai balap MotoGP dan juga F1.

Sirkuit MotoGP bisa saja dipakai buat balapan F1 dengan syarat memenuhi homologasi dari FIA atau institusi tertinggi balapan roda 4 di dunia, atau sirkuit MotoGP itu memenuhi homologasi FIA yang disebut dengan Grade 1.

Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi sirkuit MotoGP bisa dipakai balap F1, seperti tercantum di regulasi sirkuit yang layak jadi venue balapan F1.

Sebut saja lebar minimum sirkuit itu minimum 12 meter sedangkan di bagian starting grid itu harus minumum 15 meter.

Kemudian lebar di bagian pitlane itu harus 12 meter serta jarak minimum garis start di starting grid ke tikungan pertama minimum jaraknya 250 meter.

Tak ketinggalan juga tikungan pertama itu harus minimum sudut tikungannya 45 derajat dengan radius atau lebar 300 meter.

Tak ketinggalan syarat minimum panjang sirkuit untuk balap F1 itu tak boleh kurang dari 3,5 km dan maksimumnya tak boleh lebih dari 7 km.

Beberapa sirkuit MotoGP yang bisa dipakai balapan F1 untuk musim 2023 adalah sirkuit Catalunya (Spanyol), Red Bull Ring (Austria), Silverstone (Inggris), Lusail (Qatar) dan COTA Texas (Amerika).

Dari 5 sirkuit MotoGP yang bisa dipakai balap F1 adalah 3 sirkuit lawas dan 2 sirkuit baru.

Baca Juga: Istilah Sirkuit MotoGP Penting Diketahui, Apa Itu Apex, Tusuk Konde Hingga High Speed Corner

Source : Berbagai sumber
Penulis : Joni Lono Mulia
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular