Mirip MotoGP Mandalika 2022, Berton-Ton Garam Ditebar Ke Langit Jakarta Untuk Modifikasi Cuaca

Ardhana Adwitiya - Rabu, 28 Desember 2022 | 19:55 WIB
BPBD DKI Jakarta
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama TNI AU melakukan teknologi modifikasi cuaca, berton-ton semaian garam ditebar ke langit Jakarta untuk cegah cuaca ekstrem.

MOTOR Plus-online.com - Mirip MotoGP Mandalika 2022, berton-ton garam ditebar ke langit Jakarta untuk modifikasi cuaca. Kabar cuaca ekstrem yang diprediksi BMKG belakangan ini bikin Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan TNI Angkatan Udara (AU) melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan TNI AU menyemai garam di langit-langit Jakarta dan Jawa Barat pada Selasa (27/12/2022). Metode teknologi modifikasi cuaca dilakukan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem.

Dalam pelaksanaannya, teknologi modifikasi cuaca melibatkan dua pesawat jenis Cassa NC-212 Seri 200.

Sebenarnya teknologi modifikasi cuaca bukan pertama kali diperkenalkan ke masyarakat. Sebelumnya teknologi tersebut sempat diterapkan pada event MotoGP Mandalika 2022.

Kalau brother ingat, BMKG memprediksi akan turun hujan lebat pada Race Day MotoGP Mandalika 2022, Minggu (20/3/2022).

Untuk mengantisipasi hujan lebat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat (NTB) menabur lebih dari 3 ton garam selama 3 hari ke awan di sekitar Sirkuit Mandalika sebagai upaya rekayasa cuaca.

Saat itu, operasi TMC di Mandalika menggunakan 1 unit armada pesawat Casa 212-200 dari Skadron 4 TNI AU Lanud Abdulrahman Saleh, Malang.

Komando operasi dipegang oleh M. Djazim Syaifullah, staff pelaksana dari Laboratorium Pengelolaan TMC yang ditunjuk sebagai Koordinator Lapangan untuk Operasi TMC di Mandalika.

Baca Juga: Pawang Hujan Keliling Sirkuit Mandalika Hentikan Hujan, Padahal 3 Ton Garam Sudah Ditabur 

Kini, giliran dua pesawat jenis Cassa NC-212 Seri 200 yang diterbangkan untuk menyebar bahan semaian garam di langit Jakarta dan Jawa Barat.

Source : Kompas.com
Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.