Prakiraan Cuaca BMKG, Jakarta Hujan Lebat Saat Perayaan Malam Tahun Baru 2023

Ardhana Adwitiya - Jumat, 30 Desember 2022 | 13:33 WIB
KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D
Ilustrasi hujan di Jakarta saat malam pergantian tahun. Simak prakiraan cuaca BMKG untuk Jakarta saat malam tahun baru 2023.

MOTOR Plus-online.com - Prakiraan cuaca BMKG, hujan lebat akan mengguyur Jakarta saat perayaan malam tahun baru 2023. Cuaca ekstrem seperti hujan lebat masih terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, pada malam tahun baru 2023 sebagian wilayah Indonesia akan diguyur hujan. Intensitas hujan pun bervariasi, dari ringan, lebat, sampai sangat lebat.

"Berdasarkan model cuaca numerik BMKG, sebagian wilayah Indonesia dalam beberapa hari kedepan berpotensi mengalami cuaca ekstrem dengan peningkatan curah hujan lebat hingga sangat lebat di beberapa wilayah," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dikutip dari keterangan resmi, Kamis (29/12/2022).

"Untuk wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali hingga Nusa Tenggara, potensi hujan intensitas lebat hingga sangat lebat dapat terjadi mulai tanggal 30 Desember 2022, dimana potensi tersebut dapat berlanjut hingga 01 Januari 2023 dini hari," sambungnya.

"Hujan cenderung terjadi cukup merata dengan peningkatan intensitas pada dini hari dan sore hari," tambah dia.

Dwikorita menjelaskan, selain Jabodetabek, daerah yang perlu diwaspadai terjadi hujan lebat hingga sangat lebat adalah Banten bagian barat dan selatan, Jawa Barat bagian tengah dan utara, Jawa Tengah bagian utara, Jawa Timur bagian utara, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) serta Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Dasar pertimbangan dari masih signifikannya potensi cuaca ekstrem tersebut adalah karena masih teridentifikasi aktifnya beberapa fenomena dinamika atmosfer yang dapat memicu peningkatan curah hujan" lanjut Dwikorita.

Aktifnya Monsun Asia di belahan bumi utara, kata Dwikoita, masih berkontribusi terhadap peningkatan asupan massa udara basah ke wilayah ekuatorial terutama di sekitar wilayah Indonesia bagian barat.

Baca Juga: Bikers Wajib Siaga, BMKG Bilang Ada Potensi Cuaca Ekstrem Dua Hari Kedepan

Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang menuju puncak musim penghujan yang diprediksi akan berlangsung pada Januari hingga Februari.

Source : BMKG.go.id
Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.