Tahun Baru 2023, Bensin RON 88 Dan 89 Dihapus Pemerintah, Ini Alasannya

Ardhana Adwitiya - Minggu, 1 Januari 2023 | 09:05 WIB
Tribunnews.com
Ilustrasi bensin RON 88 merek Premium dari Pertamina. Bensin RON 88 dan 89 resmi dihapus Pemerintah pada tahun baru 2023.

MOTOR Plus-online.com - Tahun baru 2023, bensin RON 88 dan 89 resmi dihapus pemerintah, simak alasan lengkapnya. Bikers mesti siap-siap dengan kebijakan baru yang diberlakukan pemerintah di tahun 2023 ini.

Salah satu kebijakan yang berefek langsung ke pengendara motor, yakni penghapusan bensin RON 88 dan RON 89. Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan nilai oktan (RON) 88 dan 89 resmi dihapus pemerintah per Januari 2023.

Bensin RON 88 dihapus adalah jenis Premium milik Pertamina. Sedangkan bensin RON 89 dihapus adalah jenis Revvo 89 milik SPBU swasta Vivo.

Dengan penghapusan dua jenis bensin tersebut, maka Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan nilai oktan atau RON 90 menjadi yang terendah saat ini.

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Saleh Abdurrahman menjelaskan alasan pemerintah melarang penjualan BBM RON 88 dan RON 89 per 1 Januari 2023.

Menurutnya, pemerintah memang secara bertahap tengah bertransisi ke BBM ramah lingkungan.

"Kita secara bertahap menuju ke BBM ramah lingkungan," ujar saleh dikutip dari Kompas.com, Rabu (26/10/2022).

Selain itu, Saleh juga mengatakan bahwa BBM dengan RON minimal 90 justru lebih hemat dan lebih bagus untuk mesin kendaraan.

Baca Juga: Ganti Bensin RON Lebih Tinggi, Harus Ganti Busi Juga Gak? Nih Penjelasannya

Kebijakan ini merujuk pada Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 Tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Source : Kompas.com
Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.