Ciri Per CVT Motor Matic Yamaha NMAX Rusak, Ingat Batas Panjang Minimum

Ardhana Adwitiya - Senin, 2 Januari 2023 | 09:52 WIB
Isal/GridOto
Ilustrasi per CVT motor matic Yamaha NMAX.

MOTOR Plus-online.com - Ciri per CVT motor matic Yamaha NMAX rusak, tanpa ditekan bisa memendek. Per torsi atau sering disebut juga per CVT merupakan salah satu komponen penting di CVT motor matic Yamaha NMAX.

Per CVT di motor matic Yamaha NMAX terletak di puli belakang atau puli sekunder. Per CVT berfungsi sebagai penekan plat bagian dalam saat terjadi gaya sentrifugal, sehingga puli sekunder dapat merapat dan roda bisa berputar.

Seiring pemakaian, per CVT bisa mengalami kerusakan. Kerusakan yang dimaksud adalah per CVT loyo dan kurang keras saat ditekan.

Sebenarnya untuk mengetahui kerusakan per CVT, bikers perlu membongkarnya untuk melihat langsung. Namun ada beberapa ciri per CVT rusak saat mengendarai motor matic.

Per CVT yang lemah dapat membuat tarikan mesin terasa lemot di putaran bawah sampai atas.

Slamet Kasianom, Service Area PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan, ciri per CVT wajib diganti jika sudah melewati batas panjang per tanpa ditekan.

"Kalau sudah melewati batas panjang per tanpa ditekan, kalau NMAX limitnya 85,5 mm atau patokannya sekitar 10% berkurang dari panjang per baru," kata Slamet saat dihubungi MOTOR Plus-online, Selasa (27/12/2022).

"Kalau sudah lebih dari itu, kekuatan per untuk menahan dan menekan kembali secondary sliding sheave jadi lemah," sambungnya.

Baca Juga: Per CVT Motor Matic Yamaha NMAX Rusak Bisa Disebabkan Gaya Berkendara, Simak Penjelasannya

Slamet menjelaskan ada beberapa penyebab per CVT motor matic Yamaha NMAX bisa rusak.

Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.