Bikers Waspada, BMKG Sebut Ada Potensi Banjir Rob Januari Ini, Terjadi di 20 Daerah

Ardhana Adwitiya - Selasa, 3 Januari 2023 | 08:20 WIB
WartaKota/M Rifqi Ibnumasy
Ilustrasi banjir rob. BMKG ingatkan potensi banjir rob di sejumlah daerah di Indonesia.

MOTOR Plus-online.com - Bikers wajib waspada, BMKG kirim peringatan potensi banjir rob bulan Januari 2023, akan terjadi di 20 daerah ini. Potensi cuaca ekstrem masih berlangsung di beberapa wilayah di Indonesia.

Salah satu potensi cuaca ekstrem itu adalah banjir rob. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan banjir pesisir atau banjir rob di sejumlah wilayah pada Januari 2023.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan, banjir rob itu diprediksi terjadi karena adanya fenomena bulan purnama atau full moon pada Jumat, 6 Januari 2023.

"Adanya fenomena bulan purnama pada tanggal 6 Januari 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum," ujar Eko dikutip dari Kompas.com, Senin (2/1/2023).

Namun perlu diingat, potensi banjir rob berbeda-beda durasinya di tiap daerah.

Misal banjir rob di pesisir Sumatera Barat berpontensi terjadi pada 6-7 Januari. Sementara di pesisir utara DKI Jakarta pada 3-10 Januari.

Tentunya banjir rob dapat mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

"Seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat," kata Eko.

Baca Juga: Liburan Nataru Turing ke Pantai, BMKG Beri Peringatan Potensi Banjir Rob

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

Source : Kompas.com
Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.