Sejarah Kata Bajingan Sering Nongol Di Tongkrongan Bikers, Aslinya Bukan untuk Makian

Albi Arangga - Selasa, 3 Januari 2023 | 09:45 WIB
dok. MOTOR Plus-Online
Ilustrasi salah satu lokasi tongkrongan bikers.

MOTOR Plus-Online.com - Kata bajingan pastinya sering nongol di tongkrongan para bikers, tapi tahukah brother sejarah atau arti dari kata bajingan itu?

Di kalangan komunitas motor, kata bajingan sangatlah tidak asing, apalagi kalau lagi nongkrong-nongkrong.

Kata bajingan biasanya sering digunakan sebagai suatu ungkapan oleh orang-orang. Misal kalau dikalangan bikers nih, "bajingan nih motornya keren!" atau "wah harga motornya bajingan juga nih," dan sebagainya.

Kadang juga kata bajingan identik banget dengan ungkapan makian. Dan dari sini kita enggak usah kasih contoh yaa.

Tapi tahukah brother, meski sering muncul di tongkrongan, pernahkah brother berpikir mengenai asal mula atau sejarah dari kata bajingan itu sendiri?

Dan percayakah brother kata bajingan ini tujuannya juga bukan untuk makian?

Dikutip dari National Geographic, bajingan adalah profesi yang umum bagi masyarakat Jawa dan sudah ada sejak zaman Mataram Islam atau abad ke-16 Masehi.

Ya, bajingan adalah profesi kusir gerobak sapi, salah satu warisan kearifan lokal Indonesia yang sudah ada sejak zaman dulu.

Profesi ini memegang erat kekerabatan dan kerukunan yang diwadahi oleh paguyuban penarik gerobak sapi atau para bajingan.

Baca Juga: Pemotor Kurangin Nongkrong, KUHP Baru Disahkan Berisik Tengah Malam dan Ganggu Tetangga Denda Rp 10 Juta

Source : Kompas.com
Penulis : Albi Arangga
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular