United E-Bike Siapkan Satu Pabrik Tambahan Untuk Kelola Limbah Baterai Motor Listrik, Apa Bahayanya ?

Didit Abdillah - Rabu, 4 Januari 2023 | 15:40 WIB
Kompas.com
Ilustrasi pengisian baterai United T1800

MOTOR Plus-Online.com - Salah satu komponen vital dalam motor listrik adalah baterai yang menjadi sumber tenaga.

Dari banyaknya merek motor listrik yang sudah dijual di Indonesia, penggunaan baterainya ada yang bisa diisi ulang atau charge secara mandiri atau dengan sistem tukar seperti swap battery. 

Karena untuk membuat baterai memang butuh biaya yang sangat besar, serta pengelolaan limbah baterai yang sangat baik. 

Salah satu produsen motor listrik di Indonesia, United kini sedang gencar dalam pabrik baru yang dibangun di Bogor, Jabar. 

Pabrik ini guna memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang ada dalam motor listrik produksi United. 

Sementara hanya ada pada bodi, pengecatan, pengelasan, dan perakitan saja yang dilakukan PT Terang Dunia Internusa (TDI) sebagai produsen motor listrik United

Kelak memang akan ada cita-cita dalam membuat baterai sendiri dan kali ini menggandeng baterai ABC sebagai sesama perusahaan lokal. 

"Sudah direncanakan mengenai beberapa tahun ke depan akan divisi yang membuat baterai untuk motor listrik United," terang Henry Mulyadi, Komisaris Utama PT. TDI. 

"Semakin besar perusahaan kami, maka akan semakin besar pula tanggung jawab kami dalam pengelolaan lingkungan," lanjutnya. 

Baca Juga: Penyebab Per CVT Motor Matic Honda ADV 160 Loyo, Selalu Cek Saat Servis

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular