Jangan Asal Pakai Ban Ukuran Kecil di Yamaha Aerox 155 Karena Bisa Berisiko Besar

Isal,Didit Abdillah - Rabu, 4 Januari 2023 | 16:45 WIB
Uje/GRIDOTO
Pemasangan pelek belakang Yamaha Lexi di Yamaha Aerox tanpa ubahan

MOTOR Plus-Online.com - Rata-rata motor matic 150 cc ke atas saat ini memang memiliki ukuran pelek yang lebar, salah satunya Yamaha Aerox 155. 

Bahkan bisa menggunakan ban belakang dengan ukuran 130 atau 140, tetapi kini muncul tren untuk menggunakan ban dengan ukuran yang jauh lebih kecil. 

Seperti Yamaha Aerox 155 yang memiliki ban belakang berukuran 140/70, tetapi penggunanya menggunakan ban dengan ukuran yang lebih kecil. 

Misalnya seperti menggunakan ban berukuran 120 atau 110, tujuannya agar bentuknya terlihat ramping. 

"Jika masih pakai pelek standar, ada yang mengganti ban belakang dengan ukuran 120/70-14 bahkan ada yang sampai 110/80-14," ucap Dede Miko Andryan, Pengelola Toko Khay Tire dikutip dari GridOto.

"Tapi kalau sudah gantian dengan pelek Yamaha Lexi. ban belakang bisa lebih kecil lagi, bisa pakai ban 100/70-14," tambahnya.

Menurut Dede, tren downsize atau mengganti ban belakang Yamaha Aerox dengan ukuran yang lebih kecil mempunyai beberapa efek negatif.

Salah satunya dari sisi safety atau keamanan berkendara.

"Kalau melihat dari sisi safety, kami tidak merekomendasi," wanti Dede.

Baca Juga: Fabio Quartararo Ganti Helm Merek 3 Huruf Di MotoGP 2023, Bukan Pertama Kali Pakai Helm 3 Huruf

Source : GridOto Tips
Penulis : Isal
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.