Keren Nih, Bikin SIM Baru Bisa Bayar Pakai Sampah Berlaku Di Cirebon

Ardhana Adwitiya - Minggu, 8 Januari 2023 | 18:31 WIB
Dok. Ntmcpolri.info
Ilustrasi bank sampah di Cirebon. Polresta Cirebon buat program Green Service bikin SIM baru bayar pakai sampah.

MOTOR Plus-online.com - Keren bro, bikin SIM baru di Cirebon bisa bayar pakai sampah rumah. Inovasi selalu dilakukan polisi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat salah satunya dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi alias SIM.

Kini Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Polresta Cirebon Jawa Barat melayani bikin SIM baru yang dibayar menggunakan sampah. Layanan ini termasuk dalam progrram Green Service.

Bekerja sama dengan 10 titik bank sampah, Polresta Cirebon sudah melayani sekitar 49 warga yang bikin SIM baru dengan bayar pakai sampah. Salah satu bank sampah terdapat di SMP Negeri 1 Talun, Jalan Nyi Arumsari, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Lebih dari 3 tahun, SMPN 1 Talun ini membuka bank sampah.

Saat ini bank sampah SMPN 1 Talun dipercaya oleh Satpas Polresta Cirebon untuk melayani masyarakat yang ingin menjual sampah untuk bikin SIM baru.

Cara menjual sampahnya, brother lebih dulu mengumpulkan sampah non-organik yang mempunyai harga jual, seperti botol plastik, besi, tembaga dan lainnya.

Nantinya sampah-sampah tersebut disetorkan ke bank sampah dan ditimbang seberapa berat sampah yang diterimanya.

Setelah itu, penyetor akan diberi buku tabungan yang akan ditulis besaran uang dari hasil penjualan sampah.

Baca Juga: Ingat Perpanjang Dan Bikin SIM Baru Libur 1 Januari 2023, Buka Lagi Tanggal Segini

Jika sudah terkumpul dan cukup untuk membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), brother bisa langsung datang ke Satpas Polresta Cirebon untuk diproses pembuatan SIM.

Source : Ntmcpolri.info
Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.