Ciri Roller CVT Motor Matic Yamaha NMAX Peyang dan Minta Diganti

Ardhana Adwitiya - Selasa, 10 Januari 2023 | 17:36 WIB
Kolase Isal/GridOto; Dok. MOTOR Plus
Ilustrasi roller di CVT motor matic Yamaha NMAX.

MOTOR Plus-online.com - Ciri roller CVT motor matic Yamaha NMAX peyang dan harus diganti, pastinya bikin perjalanan enggak nyaman. Roller jadi salah satu komponen penting di CVT motor matic Yamaha NMAX.

Roller di CVT motor matic Yamaha NMAX berfungsi sebagai pemberat. Roller terletak di puli depan, tepatnya di Primary Sliding Sheave atau puli bergerak primer.

Roller dipasang ke puli depan, tepatnya di Primary Sliding Sheave atau puli primer bergerak. Puli bergerak ini biasanya disebut rumah roller, bekerja mengatur pergerakan puli primer.

Roller pada CVT motor matic Yamaha NMAX berfungsi agar rasio pulley dari mesin ke roda bekerja otomatis.

Komponen tersebut menggunakan prinsip gaya sentrifugal atau gaya yang keluar dari sebuah gerakan rotasi dengan arah menjauhi poros putaran.

Seiring pemakaian, roller CVT motor matic Yamaha NMAX bisa peyang alias rusak.

Lantas ada enggak sih ciri atau tanda roller CVT motor matic Yamaha NMAX rusak?

Pertanyaan itu dijawab Stevan Indo Martha, Area Service Development PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) area Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Baca Juga: Efek Ganti Roller CVT Motor Matic Lebih RIngan Bisa Irit BBM, MOTOR Plus Pernah Coba

"Biasanya mulai muncul gejala getaran yang enggak normal saat akselerasi di awal. Kemudian juga khawatir v-belt jadi getas mengakibatkan tarikan yang enggak maksimal. Bahan bakar jadi lebih boros," kata Stevan saat dihubungi MOTOR Plus-online, Kamis (15/12/2022).

Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular