Soal Bikers Moge Minta Akses Masuk Jalan Tol, Jika Boleh Apa Syarat dan Risikonya?

Yuka Samudera - Kamis, 12 Januari 2023 | 11:16 WIB
Eka/GridOto
ILUSTRASI moge masuk jalan tol. Ramai soal bikers moge minta akses masuk jalan tol. Jika boleh, apa syarat dan risikonya?

MOTOR Plus-Online.com - Ramai soal bikers moge minta akses masuk jalan tol, apa syarat dan risikonya jika diperbolehkan? Pakar safety riding kasih penjelasan.

Kembali ramai soal pembicaraan moge alias motor gede yang meminta akses masuk jalan tol. Topik ini berkembang di media sosial Twitter.

Salah satu akun Twitter yaitu @txtdrpemerintah menggunggah narasi yang menyatakan sebuah klub moge meminta akses untuk masuk jalan tol.

Sontak unggahan ini pun viral dikomentari berbagai macam warganet yang pro dan kontra.

Ada yang menganggap jika moge seharusnya diizinkan untk masuk ke jalan tol.

Namun tidak sedikit pula yang berpendapat jika kendaraan roda dua tidak seharusnya masuk ke jalan tol.

Menanggapi isu tersebut, bagaimana komentar dari kacamata pakar safety riding?

Joel Deksa Mastana, Direktur Mobilitas Sepeda Motor Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus ahli safety riding memberikan tanggapannya.

Baca Juga: SIM C Dibagi Jadi 3 Golongan, Dirregident Korlantas Polri Enggak Mau Disebut SIM Moge

"Pada intinya, jalan tol itu di sini itu ditujukan untuk kendaraan roda empat atau lebih. Lalu apakah moge bisa masuk jalan tol di sini? Mungkin bisa, asal ada beberapa syarat," buka Joel, saat dihubungi MOTOR Plus hari ini, Kamis (12/1/2023).

"Syarat yang paling penting dan musti dipenuhi untuk pengendara moge agar bisa masuk ke jalan tol ini yang pertama harus ada sertifikasi uji kelayakan pengendara. Ini menentukan apakah bikers moge layak dan siap melewati jalur khusus seperti jalan tol," jelasnya.

Penulis : Yuka Samudera
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.