Spion Motor Pakai Cermin Cembung, Alasannya Dijelaskan Pakar Safety Riding

Ardhana Adwitiya - Minggu, 15 Januari 2023 | 11:30 WIB
Honda Community
Ilustrasi spion motor pakai cermin cembung.

MOTOR Plus-online.com - Pemotor tak sadar spion motor pakai cermin cembung, alasannya dijelaskan pakar safety riding. Spion motor jadi komponen penting guna menunjang keselamatan berkendara.

Sering digunakan saat berkendara, banyak yang enggak sadar kalau spion motor pakai cermin cembung.

Alasan spion pakai cermin cembung dijelaskan pakar safety riding Ikatan Motor Indonesia (IMI), Joel Deksa Mastana.

"Kalau cekung melihat kendaraan di belakang itu seperti jauh, jadi penilaian kita terhadap kendaraan di belakang itu tidak bisa tepat," ujar Joel saat dihubungi MOTOR Plus-online, Rabu (11/1/2023).

"Ingat objek yang ada di kaca spion itu belum tentu sesuai yang Anda perkirakan, tapi dengan adanya spion kita tahu bahwa ada kendaraan di sebelah kita," lanjutnya.

"Spion ini bukan hiasan tapi fungsi, fungsinya menyelamatkan jadi harus tepat," wanti Direktur Mobilitas Sepeda Motor IMI itu.

Joel juga mengingatkan agar pemotor menggunakan spion motor lengkap, jangan sampai dicopot satu sisi bahkan sampai dua-duanya.

"Motor itu kendaraan terkecil di jalan, sehingga penting untuk terlihat dan melihat," tambah lagi Joel.

Baca Juga: Alasan Spion Motor Ada Dua, Pakar Safety Riding Bilang Penting

"Jadi saat mau menyusul harus melihat kondisi kendaraan di belakang, maka dari itu penting spion di motor, posisinya tepat dan melihatnya tepat," sambungnya.

Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.