Motor Yamaha Paling Dikit di MotoGP 2023, Siapkan Strategi Lawan Pabrikan Eropa

Didit Abdillah - Rabu, 18 Januari 2023 | 06:58 WIB
Yamaha MotoGP
Monster Energy Yamaha MotoGP di 2023 adalah satu-satunya tim Yamaha. Pabrikan Eropa mendominasi di musim ini.

MOTOR Plus-Online.com - Fakta Monster Energy Yamaha MotoGP adalah tim MotoGP pertama yang melakukan presentasi juga peluncuran livery terbaru di Jakarta, kemarin (17/1/2023).  

Juga fakta lainnya sebagai satu-satunya tim Yamaha di MotoGP 2023, usai partner tim satelit mereka, RNF Racing berpaling sebagai tim satelit Aprilia di musim ini. 

Secara keseluruhan untuk pertama kalinya motor Jepang kalah jumlah dari motor Eropa. 

Tercatat ada 14 motor Eropa di MotoGP 2023, delapan Ducati Desmosedici GP, empat Aprilia RS-GP, dan empat KTM RC16. 

Sedangkan motor Jepang hanya ada dua unit Yamaha YZR-M1 dan empat unit Honda RC213V, makin terasa sedikit setelah Suzuki memutuskan hengkang dari MotoGP di akhir tahun lalu. 

Tentu saja ini menjadi tantangan besar bagi Yamaha, terlebih motor yang dibikin di Iwata, Jepang itu adalah satu-satunya motor dengan mesin Inline 4 atau 4 silinder segaris, sisanya V4. 

DAB/MOTOR Plus
Lin Jarvis, Managing Director Yamaha MotoGP

"Ya faktanya, kami belajar dari Suzuki mengenai satu-satunya tim yang harus mengembangkan motor, tanpa tim satelit," tutur Lin Jarvis, Managing Director Yamaha MotoGP

"Perlu diingat, setidaknya dalam 10 tahun terakhir, pabrikan Eropa sangat mendominasi. Mereka sudah sangat kuat, khususnya di paruh musim kedua," lanjutnya. 

"Motor kami kalah di sirkuit-sirkuit paruh musim kedua itu, sehingga harus punya momentum agar terus berada di barisan depan," Lin Jarvis menambahkan. 

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.