Pembuktian Mana Yang Lebih Irit Antara Motor Listrik Konversi Dengan Motor Bensin

Indra Fikri - Rabu, 18 Januari 2023 | 19:08 WIB
Indra/MOTOR Plus
Mana yang lebih irit antara motor listrik konversi dengan motor bensin.

MOTOR Plus-online.com - Berikut ini pembuktian mana yang lebih irit antara motor listrik konversi dengan motor bensin biasa.

Kali ini, MOTOR Plus mengujinya secara real di jalan raya antara Honda BeAT listrik milik Bintang Racing Team (BRT) dengan Honda BeAT versi bensin.

Honda BeAT hasil konversi BRT memiliki spesifikasi baterai 72V20Ah (kapasitas 1.440 watt), yang diklaim jarak tempuhnya mencapai 45 km dari kondisi baterai penuh.

Untuk mengetahui cara penghitungan motor listrik garapan BRT tersebut, MOTOR Plus menguji kedua motor listrik konversi dan motor bensin tersebut.

Agar lebih fair, kedua motor tersebut akan dikendarai oleh tim MOTOR Plus yang mempunyai berat badan hampir mirip, sekitar 100 kg.

Yang pertama, Honda BeAT listrik hasil konversi diberikan baterai penuh yang baru saja selesai dicharge.

Sementara itu, Honda BeAT bensin tangkinya dipenuhi dengan BBM Pertalite dan diberikan tanda pada bibir tangki sebagai patokan batas BBM saat diisi full lagi nanti.

Setelah itu odometer awal kedua motor tersebut dicatat sebagai data awal.

Baca Juga: Harga Motor Listrik Davigo Dragon Januari 2023, Cicilan Mulai Rp 800 Ribuan

Lalu, kedua motor tersebut diuji di jalan raya langsung dengan kondisi real, seperti macet, jalan menanjak, jalan turunan dan jalan datar.

Pengetesan kedua motor tersebut dilakukan di sekitar Jalan MH Thamrin, Citringgul, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Penulis : Indra Fikri
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular