Jelang WSBK Indonesia 2023, Warga Sekitar Sirkuit Mandalika Tuntut Sengketa Lahan

Indra Fikri - Kamis, 19 Januari 2023 | 18:55 WIB
Tribunlombok.com
Jelang WSBK Indoneisa 2023, warga sirkuit Mandalika tuntut sengketa lahan

MOTOR Plus-online.com - Menjelang WorldSBK Indonesia 2023, warga di sekitar sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, menuntut penyelesaian sengketa lahan.

Warga di sekitar Sirkuit Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah buka suara soal sengketa lahan.

Juru Bicara Aliansi Pejuang Lahan KEK Mandalika, Samsul Qomar mengaku ada 340 hektare lahan untuk proyek sirkuit belum tuntas dibayar.

"Berdasarkan data dari Bangkesbangpol ternyata sebanyak 340 hektare lahan yang dipakai di kawasan Mandalika termasuk untuk pembangunan Sirkuit Mandalika dianggap belum selesai dibayar dengan ratusan pemilik lahan," kata Samsul Qomar, Kamis (19/1/2023).

Menurut Samsul Qomar, lahan itu ini tidak bisa digugat ke pengadilan karena harus dilakukan status quo atau pengosongan terhadap lahan tersebut.

Samsul Qomar meminta ITDC untuk tidak menggunakan lahan dan fasilitas di Sirkuit Mandalika sebelum sengketa ini selesai.

"Besok juga kami siap gugat namun buat Sirkuit Mandalika ini menjadi status quo," ungkapnya.

"Sangat lucu ketika semua pihak meminta lewat jalur damai, namun kenapa ITDC meminta untuk menggugat sementara proses pengadilan itu sangat lama bisa sampai bertahun-tahun," tambah Samsul Qomar.

Baca Juga: Nama Resmi Road Race Kejurnas Motor Sport, Indonesia Sportbike Series yang Dimulai di Mandalika

Sementara itu, Amaq Sibawaih selaku orang yang mengaku memiliki lahan di tikungan 9 Sirkuit Mandalika saat ini masih menunggu itikad baik ITDC.

Apalagi ITDC telah menjanjikan penyelesaian lahan ini jauh-jauh hari sebelum event internasional terselenggara di Sirkuit Mandalika.

Penulis : Indra Fikri
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.