Motor Tidak Perpanjang STNK 7 Tahun Jadi Bodong Dikomentari Polisi Sampai Pedagang Vespa

Yuka Samudera - Jumat, 20 Januari 2023 | 07:54 WIB
Kolase/Dok. MOTOR Plus dan Motor Tua Jakarta
Soal motor jadi bodong jika STNK mati 7 tahun. Begini komentar polisi hingga pedagang motor bekas.

MOTOR Plus-Online.com - Kebijakan soal STNK motor mati 7 tahun bakal jadi motor bodong, Polisi hingga pedagang Vespa klasik kasih komentar.

Polisi berencana akan memblokir data kendaraan jika STNK mati 5 tahun plus 2 tahun pajak menunggak dan tidak diperpanjang.

Alhasil, motor pun bakal jadi bodong alias tidak memiliki data-data kendaraan.

Mengutip Kompas.com, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Polisi Yusri Yunus kasih penjelasan.

Dasar hukum rencana penghapusan mengacu Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, khususnya Pasal 74.

Namun tidak dilakukan langsung atau sepihak, pemilik bakal diberi kesempatan dan peringatan lebih dulu.

STNK mati dikasih SP (Surat Peringatan). Jadi, SP itu akan dikirimkan kepada pemilik kendaraan, secara bertahap dari tahun ini,” ujarnya kepada Kompas.com.

Untuk penerapannya, pertama Polri akan memberi surat peringatan selama 5 bulan.

Baca Juga: Kendaraan STNK Mati 2 Tahun Tak Langsung Bodong Tapi Masih Diberi Waktu Segini

"Jadi STNK setelah mati lima tahun, dan dua tahun lagi tidak bayar pajak. Itu yang otomatis terhapus," jelasnya dikutip dari ntmcpolri.info.

Aturan soal penghapusan data kendaraan tercantum dalam Pasal 74 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Penulis : Yuka Samudera
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.