Polres Temanggung Terima Aspirasi Ojol Soal Relawan Ambulans

Albi Arangga - Jumat, 20 Januari 2023 | 19:30 WIB
Tribun Muria
Momen pihak Polres Temanggung bertemu dengan para driver ojol.

MOTOR Plus-Online.com - Aspirasi para driver ojol terkait dengan adanya relawan pengiring mobil ambulans diterima pihak Polres Temanggung

Aspirasi para driver ojol itu disampaikan pada kegiatan Jumat Curhat bersama pihak Polres Temanggung

Kegiatan tersebut diadakan di Kafe Kartini yang berada dalam komplek Sentra Kreasi Atensi (SKA) Kabupaten Temanggung, Jumat (20/1/2023) pagi.

Dikutip dari TribunMuria.com, sebenarnya pertemuan tersebut tidak direncanakan, melainkan kegiatan tersebut ada secara tidak sengaja.

Dalam pertemuan itu, driver ojol menyampaikan usulan soal pengawalan ambulans.

Menurut Kapolres Temanggung, AKBP Agus Puryadi, aspirasi atau usulan yang berasal dari komunitas ojol akan diakomodir secara serius mengingat besarnya manfaat akan keberadaan relawan pengiring ambulans tersebut.

“Tadi secara tidak sengaja waktu kami (jajaran Polres Temanggung-red) tengah menikmati sarapan dan kopi pagi di Kafe Kartini, ketemu dengan beberapa teman-teman ojol."

"Di situ, bagi saya ada hal yang cukup menarik dan krusial. Mereka meminta pertimbangan terkait eksistensi aktifitas relawan pendamping ambulance. Saya rasa ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat,” ujar Kapolres, dalam keterangannya.

Baca Juga: Wacana Jalan Berbayar Atau ERP Dikeluhkan Driver Ojol, Sebut Bikin Sulit

Keberadaan relawan tersebut sangat membantu kelancaran laju ambulans yang tengah membawa pasien.

Meski demikian, Agus juga berpesan agar para ojol tidak mengabaikan faktor ketertiban berlalu-lintas.

Pihaknya juga menekankan agar para relawan dapat beradaptasi dengan kondisi jalan.

Salah satunya adalah bagaimana menyikapi saat di salah satu titik terjadi kemacetan.

“Dengan adanya koordinasi seperti ini, kami berharap agar tujuan para relawan ini selaras dengan apa yang terjadi di lapangan. Terpenting saya tekankan adalah tetap mentaati tata tertib berlalu lintas."

"Serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik saat menghadapi situasi kemacetan yang mungkin saja menghambat laju kendaraan ambulance,” tegasnya.

Salah seorang driver ojol Temanggung, Bobby mengungkapkan, eksistensi pendamping ambulance pasien tersebut

Selama ini murni merupakan relawan dan panggilan hati atas dasar rasa kemanusiaan.

Baca Juga: Oknum Driver Ojol Kembalikan Helm Curian Sampai Malu Bertemu Korban

Namun demikian, pihaknya juga merasa perlu mengedepankan koordinasi dengan pihak-pihak terkait selama beraktifitas di jalan raya, terutama dari Polres Temanggung.

“Kita murni relawan mendampingi ambulance yang tengah mengantar pasien dari satu tempat ke tempat lain. Termasuk saat terjadinya kecelakaan yang butuh penanganan cepat terhadap korban."

"Tingginya urgensi tentang kelancaran ambulance selama di jalan raya inilah yang mendasari kami untuk ikut serta terjun membantu. Meski kami juga butuh masukan terkait tata tertib berkendara,” urainya

Penulis : Albi Arangga
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.