Jadi Andalan Para Mekanik, Ternyata Ini Keunggulan Paket Bore Up di Pasaran

Indra Fikri - Senin, 23 Januari 2023 | 18:00 WIB
AONG
Paket bore up banyak dipakai mekanik, ini kelebihannya.

MOTOR Plus-online.com - Banyak digunakan oleh mekanik, ternyata ini keunggulan paket bore up di pasaran.

Paket bore up dipasaran umumnya dijual dengan harga Rp 1-2 jutaan.

Dengan harga segitu, paket bore up sudah bisa dibilang komplit tinggal pasang ke mesin motor untuk menggantikan komponen standar.

"Sebetulnya paket bore up ini jelas memudahkan untuk mereka yang ingin mendongkrak kapasitas dan tenaga mesin secara instan," buka Richi Tedy owner Motori Rumahnya Bikers.

"Sebelum ada paket bore up ini, buat naikan cc dan dongkrak tenaga mesin kan harus cari piston sendiri, lalu lakukan bubut untuk memperbesar boring standarnya, repot pokoknya," sambungnya.

Paket bore up yang banyak ditawarkan di pasaran umumnya terdiri dari blok silinder, piston lengkap dengan pen dan ring piston, juga paking blok dan head.

Pemasangan paket bore up ini cepat karena sifatnya yang hanya melepas blok silinder dan piston yang ada di motor, lalu diganti dengan paket bore up tersebut.

"Penyesuaiannya paling di rasio kompresi, apa piston mau dicoak lagi atau ketebalan paking yang dimainkan. Tinggal sesuaikan dengan rasio kompresi mesin yang ingin digunakan," ujar Richi.

Baca Juga: Biar Awet, Bikers Wajib Tahu Batas Aman Ketebalan Boring Motor Saat Dibore Up

"Sementara kalau noken as, ECU racing dan Throttle Body (TB) itu sifatnya sebagai pendukung agar performa motor bisa lebih maksimal lagi," sebut pria yang bermarkas di Jalan Sultan Iskandar Muda No.7, Kebayoran lama, Jakarta Selatan.

Kelebihan lainnya, paket bore up yang dijual di pasaran ini umumnya tidak bikin piston mudah nyangkut ke liner yang sering menjadi penyakit dalam melakukan bore up motor.

"Misal kita bore up pake liner standar yang dikorter, kalau bengkel bubutnya kurang teliti piston bisa rawan nyangkut karena hitungannya kurang pas," ungkap Richi.

Umumnya penyakit piston bore up bisa tersangkut di liner akibat titik tengah yang kurang presisi, sehingga piston naik turun bisa miring posisinya dan gampang nyangkut.

"Hal tersebut bisa dihindari kalau kalian beli paket bore up yang biasanya dibuat di mesin CNC yang lebih presisi," pungkasnya.

Penulis : Indra Fikri
Editor : Aong

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular