Pakai Ban Dual Purpose Untuk Riding Harian Kelebihan dan Kekurangannya Apa Aja?

Didit Abdillah - Rabu, 25 Januari 2023 | 13:00 WIB
AHM
Ban dual purpose kini mulai banyak digunakan untuk berkendara harian yang dominan di jalan aspal. Ada plus-minusnya?

MOTOR Plus-Online.com - Ban dual purpose menjadi pilihan banyak bikers pada saat ini karena memiliki karakter yang cukup tangguh di segala medan. 

Apalagi bagi mereka yang kerap menempuh jarak jauh dan dengan segala karakter jalan, baik yang full aspal jalan berlubang, sampai semi off-road pun dilalui. 

Maka dari itu ban dual purpose juga memiliki pasarnya tersendiri, hanya saja harus memperhatikan beberapa hal sebelum memasangkan ban semi off-road itu pada motor. 

Bicara kelebihan pun cukup banyak, seperti nyaman di segala cuaca baik kondisi jalan basah atau kering. 

Karena ban dual purpose memiliki jalur air yang terbilang lebar, sehingga dengan mudah bisa menyapu air. 

Pun di saat jalanan berpasir dan ada kerikil-kerikil kecil sekalipun, ban dual purpose tidak mudah selip, sehingga dinilai lebih aman. 

"Namun harus diingat kalai habitat seutuhnya itu adalah aspal, jadi saat menggunakan ban dual purpose, jangan terlalu ekstem seperti saat menggunakan motor trail," kata Head of Safety Riding, Agus Sani beberapa waktu lalu.

Lalu karena memiliki kembang yang lebih tebal, serta rata-rata memiliki karakter hard compound, ban dual purpose tidak mudah aus, sehingga jangka waktu penggunaannya panjang. 

Nah di sisi lain juga hal negatifnya adalah karena ban dual purpose ini memiliki jalur air yang lebar, berimbas pada permukaan ban yang tidak banyak menempel ke aspal. 

Baca Juga: 3 Hal Penyebab Kepala Piston Berkerak, Banyak Bikers Yang Enggak Sadar

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Aong

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular