Mekanik Bengkel di Jakarta Ikuti Pelatihan Konversi Motor Listrik

Albi Arangga - Minggu, 29 Januari 2023 | 10:00 WIB
Kompas.com
Ilustrasi proses perakitan konversi motor listrik.

MOTOR Plus-Online.com - Dalam rangka mempercepat ekosistem kendaran listrik, para mekanik bengkel di Jakarta mengkikuti pelatihan konversi motor listrik.

Program pelatihan diselenggarakan oleh pihak Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) dan Balai Besar Survei dan Pengujian (BBSP) KEBTKE.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 22 mekanik/teknisi bengkel di Jakarta.

Kepala PPSDM KEBTKE, Susetyo Edi Prabowo, menjelaskan maksud diadakannya pelatihan konversi motor listrik bagi para mekanik bengkel.

Menurutnya, semakin banyak bengkel yang bisa melakukan kegiatan konversi supaya mempercepat era elektrifikasi nasional atau penggunaan kendaraan listrik sebagai transportasi harian.

"Penggunaan kendaraan pribadi menjadi salah satu penyumbang konsumsi bahan bakar fosil yang meningkatkan emisi dan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan dan lingkungan," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Minggu (29/1/2023).

Menurutnya, Indonesia berkomitmen mengurangi emisi hingga 29 persen pada tahun 2030 mendatang.

Baca Juga: Motoriz Terima Konversi Motor Listrik Mulai dari Harga Rp 14 Jutaan

Salah satu misi dari capaian transisi energi ini adalah peralihan dari kendaraan berbahan bakar BBM menuju penggunaan kendaraan listrik.

"Motor menjadi salah satu target dari konversi penggunaan kendaraan listrik, mengingat motor merupakan andalan mobilitas masyarakat Indonesia karena aksesibilitas dan keterjangkauannya," kata Edi.

"Motor BBM konvensional dapat dikonversi menjadi sepeda motor listrik, namun dengan tetap mengedepankan performa serta kualitas sehingga layak untuk dipakai sehari hari," ungkapnya.

Dalam rangka menyukseskan program konversi sepeda motor listrik, Kementerian ESDM melaksanaan pelatihan konversi sepeda motor BBM menjadi motor listrik ini.

"Diharapkan rangkaian kegiatan ini dapat menghasilkan sumber daya manusia yang andal dalam melaksanakan kegiatan konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gencarkan Era Elektrifikasi, Teknisi di Jakarta Dilatih untuk Konversi Motor Listrik"

Penulis : Albi Arangga
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.