Saat Kondisi Apa Ban Dalam Sudah Harus Diganti dan Tidak Ditambal Lagi

Didit Abdillah - Selasa, 31 Januari 2023 | 16:47 WIB
Dok Kompas.com
Ilustrasi menambal ban dalam.

MOTOR Plus-Online.com - Saat ban luar terkena paku atau benda tajam lainnya memang harus segera ditambal, baik itu ban tubeless atau yang masih menggunakan ban dalam

Meski ban dalam tidak bergesekan langsung dengan jalanan, kondisinya juga harus diperhatikan dan saat di mana ban dalam tidak bisa ditambal lagi. 

Salah satunya saat permukaan ban dalam sudah terasa kasar, tidak lagi mulus maka ada tanda kalau ban dalam sudah mulai getas. 

"Kondisi itu sudah seharusnya ban dalam diganti, jadi permukaan sudah mulai kasar. Ada baiknya sesekali dicek," tutur Dodiyanto, Senior Brand Excutive and Development Gajah Tunggal, produsen ban IRC. 

"Permukaan yang kasar juga mengurangi kemampuan ban dalam untuk menopang bobot dari ban luarnya," imbuhnya dikutip dari Kompas

Juga dengan banyaknya jumlah tambalan pada ban dalam adalah indikasi untuk segera diganti yang baru. 

Sebab dikhawatirkan kemampuan ban dalam menahan udara sudah tidak terlalu baik.

"Berapa banyak tambalanya kalau tetulis tidak ada, tapi mudahnya kalau ada lubang yang besar, sudah agak susah. Terus kalau lubangnya berdekatan," katanya.

Bisa dibilang sama seperti ban tubeless, jika sudah terlalu sering ditambal atau ada lubang yang berdekatan memang ada baiknya segera diganti yang baru. 

Baca Juga: Tambal Ban Tubeless Ada Batas Maksimalnya, Jangan Sampai Kebanyakan Lho

Hal ini karena lubang yang berdekatan bisa mempengaruhi kekuatan ban luar atau ban dalam untuk menopang bobot. 

Ban dalam terbilang murah untuk diganti karena hanya berkisaran Rp 30 ribu untuk merek IRC. 

Baca Juga: Jadwal Road Race Kejurnas Sport 250 Mandalika Racing Series 2023 Sudah Terbit

 

Source : Kompas.com
Penulis : Didit Abdillah
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular