Modifikasi Motor Ubah Warna Wajib Ganti STNK? Begini Kata Polisi

M. Adam Samudra,Erwan Hartawan - Rabu, 8 Februari 2023 | 18:45 WIB
Dok. MOTOR Plus
Ilustrasi mengecat warna baru motor apa harus mengganti STNK?

MOTOR Plus-Online.com - Siapa nih yang doyan memodifikasi motor dengan mengubah warna motor?

Ternyata mengubah warna motor enggak boleh sembarang loh.

Hal tersebut diungkapkan mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono,

Ia mengatakan segala perubahan dalam kendaraan wajib segera mengurus surat-surat atau dokumen kendaraan agar tidak melanggar hukum.

"Bagi pemilik kendaraan yang melakukan perubahan warna pada kendaraannya, harus mengurus dokumen kendaraan kembali. Sebab, ada perubahan data yakni warnanya," ujar Argo dikutip dari Gridoto.

Argo selanjutkan menegaskan jika pengecetan bisa dilakukan siapa saja.

Namun sebagai formalitas perubahan warna di STNK harusnya mendapat surat pengantar dari bengkel resmi atau yang telah berbadan hukum.

"Karena ada dokumen untuk diarsipkan, mungkin kalau pengerjaan (pengecatan) dilakukan pribadi tidak ada masalah, tapi jangan lupa setelah itu bisa meminta tolong mungkin ada rekanan bengkel membuatkan surat. Karena perubahan warna memerlukan dokumen tertulis perubahan, tidak bisa lisan 'saya cat sendiri'," ucap pria yang kini menjabat sebagai Kapolres Blitar.

Baca Juga: Kecil-kecil Gahar, Modifikasi Motor Honda Monkey 125 Jadi Mirip Harley-Davidson

Mengutip dari kompas.com. mantan Kasubdit Regident Polda Metro Jaya menambahkan jika pergantian warna pada STNK tidaklah mahal.

Source : Kompas.com
Penulis : M. Adam Samudra
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.