Tidak Ada Tilang Manual, Pelanggaran Ini Yang Diincar Operasi Keselamatan Jaya 2023 Polres Jakarta Pusat

Indra GT - Jumat, 10 Februari 2023 | 09:55 WIB
MOTOR Plus-online.com
Dipimpin Wakasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat AKP Linda, pelaksanaan Operasi Keselamatan Jaya 2023 ini akan mengedepankan tindakan simpatik, persuasif dan humanis.

MOTOR Plus-online.com - Selama Operasi Keselamatan Jaya 2023Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat tidak melakukan tindakan tilang manual.

Mulai tanggal 7 hingga 20 Februari 2023 Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat melakukan patroli penyuluhan Operasi Keselamatan Jaya 2023 selama 14 hari.

Dipimpin Wakasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat AKP Linda di Bundaran Tugu Tani, Jakarta Pusat, Rabu (8/2/2023) pagi dimulai dengan memberikan arahan kepersonel yang bertugas.

Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat  mengerahkan sebanyak 25 personel diterjunkan untuk memberikan edukasi kepada pengendara.

Untuk pelaksanaan operasi ini Wakasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat akan mengedepankan tindakan simpatik, persuasif dan humanis.

"Kita sudah mulai melakukan operasi Keselamatan Jaya yang sudah dimulai sejak tanggal 7-20 Februari 2023" ujar AKP Linda, Wakasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat.

"Diawali dengan memberikan edukasi dan flayer tentang tertib berlalu lintas di dalam menjaga keselamatan," umbar Linda kepada MOTOR Plus-online.com dalam pelaksanaan operasi ini.

"Tidak hanya penyuluhan kita juga memberikan bantuan sembako kepada pengguna jalan" jelas mantan Kanit SIM Satpas Polsek Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Operasi Keselamatan 2023, Para Pelanggar Dibuat Senang Polisi

Baca Juga: Operasi Keselamatan 2023 Incar Pelanggaran Pemotor, Terapkan Tilang Manual?

MOTOR Plus-online.com
Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat gelar Operasi Keselamatan Jaya 2023 mengedepankan tindakan simpatik, persuasif dan humanis tidak dengan tilang manual

"Sembako dibagikan kepada sopir Bajaj dan ojek online bertujuan untuk meringankan beban mereka saat sedang mencari nafkah di jalan" imbuhnya.

Terkait dengan waktu pelaksanaan Operasi Keselamatan Jaya, Linda bilang akan dilakukan secara situasional melihat situasi di lapangan.

Ada beberapa titik lokasi yang menjadi perhatian antara lain Patung Tani, Senen, Jembatan Merah dan Gunung Sahari.

Menurutnya, sesuai amanah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, salah satu dari penyebab utama kecelakaan berlalu lintas adalah karena rendahnya kesadaran terutama pada kasus pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengendara (human error).

"Targetnya dalam operasi ini menyasar pengendara yang tidak pakai helm, berboncengan tiga, pengaruh alkohol, melawan arus, tidak pakai pelat nomor dan penggunaan seat bealt," tuturnya.

"Penindakan pelanggaran selama Operasi Keselamatan Jaya kita menggunakan E-TLE mobile milik Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat" ungkap Linda.

"Tidak ada tilang manual dilakukan selama Operasi Keselamatan Jaya 2023 yang ada dikirim surat konfirmasi kepada pelanggar" jelasnya.

"Diharapkan dengan adanya penyuluhan membuat pengendara sadar akan keselamatan dan tertib berlalulintas" tutup Linda.

MOTOR Plus-online.com
Pemberian sembako kepada sopir Bajaj dan ojek online bertujuan untuk meringankan beban mereka saat sedang mencari nafkah di jalan

Brother jangan melanggar walaupun selama Operasi Keselamatan Jaya 2023 ini tidak ada tilang manual.

Karena POLRI tetap melakukan tindakan bagi pelanggar menggunakan kamera ETLE statis yang tersebar dan ETLE mobile yang berkeliling wilayah.

 

Penulis : Indra GT
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.