Selepas WSBK Mandalika 2023, Masalah Bobot Pembalap Kembali Diributkan

Didit Abdillah - Rabu, 8 Maret 2023 | 18:07 WIB
DAB/MOTOR Plus
Masalah bobot badan pembalap kembali menjadi bahasan setelah WSBK Mandalika 2023. Alvaro Bautista sangat diuntungkan.

MOTOR Plus-Online.com - Begitu balapan WSBK Mandalika 2023 (3-5/3/2023) selesai, isu regulasi berat badan pembalap kembali diperbincangkan. 

Regulasi yang mengatur regulasi pembalap sempat dikemukakan Scott Redding (BWM Motorrad WSBK Team) dalam beberapa bulan terakhir WSBK 2022 lalu dan disetujui banyak pihak. 

Regulasi ini terkait bobot dan tinggi badan Alvaro Bautista yang sangat diuntungkan karena ia memilii bentuk badan yang terbilang 'mini' di kalangan pembalap Eropa. 

Sedangkan Scott Redding memiliki tinggi badan nyaris 2 meter, sehingga bobotnya pun menjadi berat, tidak efisien di atas motor. 

Alvaro Bautista yang 'ringan' dan motor Ducati Panigale V4R yang sangat bertenaga, jelas membuatnya sangat diuntungkan dalam masalah kecepatan. 

DAB/MOTOR Plus
Ukuran tubuh dan power motor yang besar memang jadi keuntungan maksimal untuk Alvaro Bautista

Hanya kesalahan sendiri yang bisa menumbangkan Bautista, seperti saat di Mandalika kala ia gagal menang di Superpole Race dan gagal lengkapi dominasi. 

"World Superbike (WSBK) harus meninjau ulang masalah bobot badan yang dikombinasikan dengan bobot motor, sehingga tidak ada yang diuntungkan," ujar Paul Denning, Manajer Tim PATA Yamaha WSBK. 

"Di MotoGP masih bisa lebih adil karena ada bobot minimal motor dan bobot maksimal pembalap dengan meninjau kesamarataan bobot antar pembalap, tidak ada perbedaan signifikan," lanjutnya dikutip dari Corsedimoto. 

Meski dari segi performa motor di WSBK terbilang mirip, melawan Alvaro Bautista akan lebih sulit ketimbang melawan Michael Ruben Rinaldi dengan motor yang sama. 

Source : Corsedimoto.com
Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.